Upaya penyuluh agama Islam dalam mengatasi perilaku minum-minuman keras remaja di Desa Prapag Lor Kecamatan Losari Kabupaten Brebes

Beladina, Nur Asyifah Ahsana (2022) Upaya penyuluh agama Islam dalam mengatasi perilaku minum-minuman keras remaja di Desa Prapag Lor Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701016044_Nur_Asyifah_Ahsana_Beladina] Text (Skripsi_1701016044_Nur_Asyifah_Ahsana_Beladina)
Skripsi_1701016044_Nur_Asyifah_Ahsana_Beladina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nur Asyifah Ahsana Beladina, 1701016044, Upaya Penyuluh Agama Islam dalam Mengatasi Perilaku Minum-minuman Keras Remaja Di Desa Prapag Lor Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya perilaku miras di Desa Prapag Lor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab perilaku remaja yang kecanduan minuman keras, dan bagaimana upaya penyuluh agama Islam dalam mengatasi minuman keras serta bagaimana metode penyuluh agama Islam dalam mengatasi minuman keras.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sumber data survei ini adalah penyuluh agama Islam, Kepala Desa, Tokoh agama, dan remaja pecandu alkohol. Metode pengumpulan data penelitian ini di lakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis penelitian menurut Moustakas dan Creswell yaitu Mendeskripsikan pengalaman personal dengan fenomena yang sedang dipelajari, membuat daftar pernyataan penting, mengambil pernyataan penting tersebut kemudian dikelompokkan menjadi unit makna atau tema, menuliskan deskripsi teksural (apakah yang dialami) dari pengalaman parstisipan dan menjelaskan deskripsi struktural.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dalam menangani perilaku miras remaja di Desa Prapag Lor Kecamatan Losari Brebes, penyuluh agama Islam menggunakan tiga upaya yaitu melakukan sosialisasi penyuluhan, bimbingan agama dan mengadakan pengajian-pengajian. Dari beberapa upaya yang lebih efektif untuk mengatasi perilaku minum-minuman keras adalah sosialisasi penyuluhan secara face to face. Remaja pecandu minum-minuman keras lebih nyaman penyuluh agama datang ke rumah-rumah remaja dan berhadapan langsung sehingga semua permasalahan baik masalah diri sendiri atau masalah agama dapat di selesaikan dengan baik bisa diterima hati dan pikiran untuk memperbaiki diri sebagai bekal untuk mengatasi kecanduan miras.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penyuluh Agama Islam; Perilaku; Remaja; Minum-minuman keras
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 02 Oct 2022 14:20
Last Modified: 02 Oct 2022 14:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17025

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics