Makna pesan dakwah pada desain komunikasi visual akun Instagram @qomikin

Megantara, Riau Liswanda Elang (2022) Makna pesan dakwah pada desain komunikasi visual akun Instagram @qomikin. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701026026_Riau_Liswanda] Text (Skripsi_1701026026_Riau_Liswanda)
Skripsi_1701026026_Riau_Liswanda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Instagram menjadi salah satu media sosial yang dapat memberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan berdakwah secara cepat dan menyeluruh. Penyampaian pesan dakwah melalui instagram dapat berupa karya desain. Dalam pembuatan desain perlu adanya unsur seperti warna, tipografi dan ilustrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna tanda pada desain dan makna pesan dakwah yang disampaikan akun instagram @qomikin.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce, yang memiliki tujuan untuk mencari makna tanda pada desain ilustrasi melalui identifikasi tanda ikon, indeks, dan simbol. Terdapat enam unggahan yang dianalisis melalui empat tahapan yaitu mengkategorisasikan desain ilustrasi tersebut sesuai dengan tiga masalah pokok aqidah, syari’ah dan akhlak, menginterpretasikan jenis tanda yang terdapat dalam desain ilustrasi, memaknai pesan dakwah yang disampaikan dalam desain ilustrasi, lalu menarik kesimpulan dari hasil dari hasil interpretasi terhadap tanda yang terdapat dalam desain ilustrasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa enam desain ilustrasi unggahan akun instagram @qomikin yang dianalisis sebagian besar menggunakan unsur ikon, indeks dan simbol yang digunakan untuk menginterpretasikan suatu makna tanda visual. Dari segi elemen komunikasi visual, desain ilustrasi akun instagram @qomikin mendominasi terhadap elemen ilustrasi yang dijadikan sebagai ikon utama. Sedangkan dalam makna pesan dakwah, akun @qomikin menggunakan tema tentang akidah, syari’ah dan akhlak yang sesuai dengan tiga masalah pokok pada materi dakwah. Dapat disimpulkan bahwa akun instagram @qomikin mengandung pesan dakwah yang ditujukan kepada pengguna instagram terutama kalangan milenial dengan menggunakan dakwah yang menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; Desain Komunikasi Visual; Instagram
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Alifia Fara Azzahra
Date Deposited: 02 Oct 2022 14:29
Last Modified: 02 Oct 2022 14:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17030

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics