Peran Kiai Sajidin Noor dalam pencegahan radikalisme pemuda di Desa Botomulyo Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal

Cahyanudin, Deni Kurniawan (2022) Peran Kiai Sajidin Noor dalam pencegahan radikalisme pemuda di Desa Botomulyo Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701016086_Deni_Kurniawan] Text (Skripsi_1701016086_Deni_Kurniawan)
Skripsi_1701016086_Deni_Kurniawan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kiai memiliki peranan yang sangat penting dalam menumbuhkan keimanan dimasyarakat agar tidak mudah dihasut atau dipengaruhi oleh aliran-aliran yang menyesatkan. Dalam merebut kemerdekaan Indonesia kiai juga memiliki peran penting seperti para Walisongo yang berada di pulau Jawa berjuang membela Negara Indonesia tercinta.
Jenis penellitian adalah kualitatif penelitian lapangan (field reearch) Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, dimana untuk menggambarkan peran kiai Sajidin Noor di Botomulyo dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Didapatkan hasil bahwa: (a) Peran Kiai Sajidin Noor dalam Pencegahan Radikalisme di Desa Botomulyo Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal. Kiai Sajidin Noor berperan sebagai kiai, tokoh agama, sesepuh motivator, Dai, pembicara dan pengajar. Beliau dalam memberikan pengajaran sangat baik bapak kiai juga memberikan penyuluhan pada masyarakat mengenai deradikalisasi di Desa Botomulyo. (b) Metode penyuluhan yang dilakukan oleh Kiai Sajidin Noor dalam Pencegahan Radikalisme di Desa Botomulyo Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal.
Bapak kiai Sajidin Noor menggunakan teknik uslub bil hikmah, kearifan lokal, budaya, dan sentuhan hati. Beliau menjalani dengan penuh ketulusan dan tanpa pamrih suatu apapun. Beliau mengharapkan rida Allah SWT yang menjadikan belaiau siap dan sedia dalam melayani masyarakat sebagai bentuk pengabdian murni.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kiai Sajidin Noor; Radikalisme; Pemuda; Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:22
Last Modified: 03 Oct 2022 07:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17033

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics