Manajemen ekstrakurikuler hadrah dalam meningkatkan prestasi di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotut Thalabah Sedan

Nikmah, Intan Ma’rifatun (2022) Manajemen ekstrakurikuler hadrah dalam meningkatkan prestasi di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotut Thalabah Sedan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503036006_Intan_Ma'rifatun_Nikmah] Text (Skripsi_1503036006_Intan_Ma'rifatun_Nikmah)
Skripsi_1503036006_Intan_Ma'rifatun_Nikmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas bagaimana pelaksanaan manajemen esktrakurikuler hadrah dalam meningkatkan prestasi Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotut Thalabah. Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya prestasi anak siswa Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotut Thalabah dalam kegiatan Hadrah. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pelaksanaan manajemen ekstrakurikuler hadrah dalam meningkatkan prestasi? (2) Apa faktor pendukung dan Faktor penghambat Ekstrakurikuller hadrah dalam meningkatkan prestasi? Permasalahan dibahas dalam studi lapangan, sebagai sumber data ialah kepala sekolah, guru pembimbing, dan peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotut Thalabah untuk mendapatkan potret pelaksanaan manajemen ekstrakurikuler hadrah. Data diperoleh dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi
Hasil penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan manajemen ekstrakurikuler hadrah dalam meningkatkan prestasi Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotut Thalabah dilakukan dengan cara perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan menetapkan target untuk siswa dalam mengetahui cara penggunaan pemula alat hadrah, pelaksanaannya dengan menggunakan tiga metode yaitu dengan ceramah, putar video dan praktek langsung. Kemudian evaluasi yang dilakukan yaitu dengan cara tes tulis maupun prakrek dan rapat koordinasi tim ekstrakurikuler. 2) Faktor pendukung pelaksanaan manajemen ekstrakurikuler hadrah adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai komunikasi yang baik antara pihak sekolah dan orangtua, orantua yang mendampingi anaknya dan motivasi yang tinggi. Adapun faktor penghambatny adalah perbedaan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik dan orangtua yang kurang memperhatikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen madrasah; Ekstrakurikuler; Hadrah; Prestasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 03 Oct 2022 09:07
Last Modified: 03 Oct 2022 09:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17057

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics