Kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran di MI Cut Nyak Dien Desa Sigentong Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes

Arini, Dewi (2022) Kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran di MI Cut Nyak Dien Desa Sigentong Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503096020_Dewi_Arini] Text (Skripsi_1503096020_Dewi_Arini)
Skripsi_1503096020_Dewi_Arini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran. Dilatar belakangi oleh guru yang kesulitan dalam menggunakan media yang tepat, nilai belajar dibawah KKM. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran? (2) Bagaimana meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif maka dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran yang kurang baik. Hal ini disebabkan karena guru masih kesulitan dalam memilih dan menentukan media pembelajaran yang cocok dengan materi serta tujuan pembelajaran, karakteristik siswa yang berbeda-beda, keterbatasan jumlah media, serta guru kekurangan dana dalam membuat media pembelajaran sendiri. (2) meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran dapat dilakukan dengan mengikutsertakan dalam KKG,mengikuti pelatihan pembuatan media, menghadiri seminar serta melakukan diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru; Media pembelajaran; Madrasah ibtidaiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 03 Oct 2022 09:08
Last Modified: 03 Oct 2022 09:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17058

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics