Problematika penerapan metode Al-Bana dalam pengajaran baca tulis Al-Quran kelas II di MI Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus tahun ajaran 2019/2020

Muna, Nur Laili Rifqiyatul (2022) Problematika penerapan metode Al-Bana dalam pengajaran baca tulis Al-Quran kelas II di MI Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503096035_Nur_Laili_Rifqiyatul_Muna] Text (Skripsi_1503096035_Nur_Laili_Rifqiyatul_Muna)
Skripsi_1503096035_Nur_Laili_Rifqiyatul_Muna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang problematika metode Al-Bana dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di MI Miftahul Ulum Loram Kudus. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk membantu mengatasi problematika dalam pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an disekolah tersebut.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui permasalahan mengenai metode Al-Bana.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, teknik dan waktu. Penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan diadakan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an menggunakan metode Al-Bana adalah untuk membantu siswa yang kurang mampu dalam membaca dan menulis Al-Qur’an.
Adapun yang menjadi problematika dalam pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an menggunakan metode Al-Bana adalah sarana dan prasarana yang kurang lengkap, anak susah membedakan huruf hijaiyah yang hampir serupa dan anak masik kurang mendalami dalam pengucapan dan penulisan transiliterasi. Namun, dari guru dan pihak sekolah tetap berusaha sebaik mungkin untuk melaksanakan metode Al-Bana dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Al-Bana; Baca Tulis Al-Quran; Metode pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 03 Oct 2022 09:14
Last Modified: 03 Oct 2022 09:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17062

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics