Pengaruh kualitas pelayanan dan bagi hasil terhadap kepuasan nasabah tabungan di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Semarang : studi kasus pada mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang

Saksena, Sahrul Amar (2022) Pengaruh kualitas pelayanan dan bagi hasil terhadap kepuasan nasabah tabungan di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Semarang : studi kasus pada mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505036048_Sahrul_Amar_Saksena] Text (Skripsi_1505036048_Sahrul_Amar_Saksena)
Skripsi_1505036048_Sahrul_Amar_Saksena.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan instrumen penting dalam kinerja bank-bank syariah untuk mempertahankan nasabah yang ada dan demi menarik nasabah baru. Apabila pelayanan yang diterima atau dirasakan sesuai dengan yang diharapkan maka nasabah akan tertarik dan memutuskan untuk menabunng di bank syariah. Selain faktor kualitas pelayanan, terdapat juga permasalahan dalam hal bagi hasil. Bagi hasil ialah suatu sistem pengolahan dana dalam perekonomian islam yakni pembagian hasil usaha antara pemilik modal dan pengelola. Dengan adanya sistem bagi hasil yang tinggi, menjadi alternatif tersendiri bagi para nasabah untuk menitipkan dana/tabungannya di bank syariah dibandingkan bank konvensional. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan SPSS Statistik 16.0 untuk mengetahui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. (2) Bagi hasil mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. (3) Kualitas pelayanan dan Bagi hasil secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan; Bagi hasil; Kepuasan nasabah; Tabungan; Mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 03 Oct 2022 09:28
Last Modified: 03 Oct 2022 09:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17064

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics