Implementasi pendidikan holistik di SD Nasima Semarang
Rofiah, Kumi Lailani (2020) Implementasi pendidikan holistik di SD Nasima Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1503096098_Kumi_Lailani_Rofiah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana (1) konsep pendidikan holistik, (2) implementasi pendidikan holistik, (3) evaluasi pendidikan holistik di SD Nasima. Penelitian ini dilatar belakangi karena mengikisnya moral karakter peserta didik serta hilangnya jatidiri sebagai anak bangsa. Melalui pendidikan holistik diharapkan dapat membentuk peserta didik menjadi insan Indonesia yang memiliki kesadaran global untuk memaksimalkan potensinya sebagai manusia utuh berwatak Pancasila.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep pendidikan holistik di SD Nasima tertuang dalam visi misinya. Adapun visinya yang berbunyi “ Membimbing insan Indonesia berilmu dan berakhlak al Karimah”. Misinya (a) menyelenggarakan pendidikan berkualitas, (b) menciptakan lokomotif-lokomotif baru menuju Indonesia Raya, dan (c) mewujudkan kesejahteraan bersama. (2) Implementasi pendidikan holistik terdapat dalam proses pendidikan yang termuat dalam 4 kompetensi yaitu kompetensi Ke-Nasima-an (nasionalis agamis), kompetensi Ke-Bahasa-an, kompetensi Eksakta, dan kompetensi Teknologi (information and technology).yang diimplementasikan melalui 5 strategi yaitu melalui budaya sekolah, pengenalan lingkungan, kegiatan intrakulikuler, kegiatan ekstrakulikuler, dan kegiatan khusus. (3) Evaluasi SD Nasima Semarang telah menerapkan pendidikan holistik yang membimbing peserta didik dalam menumbuhkan potensi kecerdasan intelektual, emosional, sosial, estetika, dan spiritual dalam pelaksanaannya terdapat dua kendala intern dan ekstern. Kendala intern berupa tidak semua guru memahami konsep dan menjalankan sebagaimana progam yang disusun. Faktor ekstern berupa pola pendidikan holistik yang diterapkan di sekolah kurang didukung oleh pihak lingkungan di rumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan holistik; Moral; Karakter |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Zara Hafidhany |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 09:36 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 09:36 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17069 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year