Problematika pembelajaran Al-Quran Hadist masa pandemi covid-19 pada peserta didik kelas IV MI Matholi'ul Ulum Terteg Pucakwangi Pati

Nurhidayah, Kikin (2022) Problematika pembelajaran Al-Quran Hadist masa pandemi covid-19 pada peserta didik kelas IV MI Matholi'ul Ulum Terteg Pucakwangi Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503096117_Kikin_Nurhidayah] Text (Skripsi_1503096117_Kikin_Nurhidayah)
Skripsi_1503096117_Kikin_Nurhidayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadist masa pandemi covid-19 pada peserta didik kelas IV MI Matholi’ul Ulum Terteg Pucakwangi Pati. Yang melatar belakangi penelitian ini adalah masa pandemi covid-19 yang menjadi masalah dalam pendidikan tidak terkecuali pembelajaran. Pembelajaran termasuk di Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Ulum Terteg Pucakwangi Pati yang mana kegiatan pembelajaran dilakukan secara tatap muka diganti dengan pembelajaran daring ( dalam jaringan). Meski pada masa pandemi covid-19, tapi pembelajaran harus tetap berjalan atau lanjut. Rumusan masalah dalam skripsi ini ialah: Apa saja problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadist masa pandemi covid-19 peserta didik kelas IV MI Matholi’ul Ulum Terteg Pucakwangi Pati? 2. Bagaimanakah upaya mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadist masa pandemi covid-19 pada peserta didik kelas IV MI Matholi’ul Ulum Terteg Pucakwangi Pati?. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui apa saja problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadist di masa pandemi Covid-19 peserta didik kelas IV MI Matholi’ul Ulum Terteg Pucakwangi Pati serta upaya mengetahui cara mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadist di masa pandemi Covid-19 kelas IV MI Matholi’ul Ulum Terteg Pucakwangi Pati.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1)Problematika yang dialami guru dan peserta didik yaitu: a. problem eksternal guru (masalah yang berhubungan dengan peserta didik), b. problem internal guru (masalah yang berhubungan dengan kompetensi guru), c. faktor pendekatan belajar/ strategi belajar peserta didik.
(2) Jalan alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah diatas anatara lain: meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui pelatihan, seminar, dan workshop mengenai pendidikan, melakukan bimbingan kepada peserta didik baik secara inidividu maupun berkelompok, mengontrol kegiatan belajar peserta didik lewat orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Al-Qur’an Hadist; Pandemi covid-19
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 03 Oct 2022 09:56
Last Modified: 03 Oct 2022 09:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17071

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics