Penerapan fungsi actuating dalam pelaksanaan program mekanisme kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan Tugu, Kota Semarang

Wijaya, Ridwan (2022) Penerapan fungsi actuating dalam pelaksanaan program mekanisme kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701036098_Riwan_Wijaya] Text (Skripsi_1701036098_Riwan_Wijaya)
Skripsi_1701036098_Riwan_Wijaya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Ridwan Wijaya (1701036098) Penerapan Fungsi Actuating Dalam Pelaksanaan Program Mekanisme Kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan Tugu Kota Semarang.
Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana Penerapan Fungsi Actuating Dalam Pelaksanaan Program Mekanismen Kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan Tugu, Kota Semarang.(2) Apa yang menjadi Hambatan Penerapan Fungsi Actuating Dalam Pelaksanaan Program Mekanisme Kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan Tugu, Kota Semarang. (3) Apa Upaya untuk mengatasi hambatan atau solusi Penerapan Fungsi Actuating Dalam Pelaksanaan Program Mekanisme Kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dan dalam memperoleh data penulis menggunakan metode (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitan meliputi sumber data primer yang didapat dari kepala KUA Kecamatan Tugu dan staff administrasi. Sedangkan sumber data sekundur didapat dari arsip, buku dan sumber lainnya.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sistematika kinerja yang ada pada KUA Kecamatan Tugu Kota Semarang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk membantu perihal urusan yang berkaitan dengan nikah, wakaf dan bimbingan keluarga sakinah. Dengan merumuskan apa yang menjadikan hambatan dan upaya KUA Kecamatan Tugu untuk pelaksanaan fungsi actuating atau pengarahan manajemen KUA. Dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan data yang digunakan berasal dari data primer dan sekunder yang bersumber pada observasi, hasil wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa KUA Kecamatan Tugu juga menerapkan fungsi actuating dengan menerapkan motivasi, koordinasi, komunikasi, kepemimpinan dalam menjalankan KUA serta bimbingan sehingga berpengaruh pada kinerja tugas dan pelayanan kepada masyarakat. walaupun begitu, masih ada kendala yang harus dihadapkan KUA dalam melakukan pelayanan seperti jumlah pegawai hingga sarana prasarana yang kurang memadai yang bisa berpengaruh pada pelayanan dan kerja KUA. Namun kendala tersebut patut untuk dievaluasi dan dapat berdampak meingkatkan semangat kerja di KUA

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Fungsi Actuating; Mekanisme Kerja; Kantor Urusan Agama (KUA); Dakwah; Manajemen Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 03 Oct 2022 10:18
Last Modified: 03 Oct 2022 10:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17080

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics