Studi manajemen sumber daya manusia dalam kegiatan keagamaan di Pondok Pesantren Al-Mu’in Kabupaten Cianjur Jawa Barat

Muhaemin, Muhaemin (2022) Studi manajemen sumber daya manusia dalam kegiatan keagamaan di Pondok Pesantren Al-Mu’in Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701036172_Raju_Muhaemin] Text (Skripsi_1701036172_Raju_Muhaemin)
Skripsi_1701036172_Raju_Muhaemin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Muhaemin (1701036172) dengan judul “Studi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Kegiatan Keagamaan Di Pondok Pesantren Al-Mu’in Kabupaten Cianjur Jawa Barat”. Skripsi, Semarang, Program Strata (SI), Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Peneliti melakukan penelitian di Pondok Pesantren Al-Mu’in Kabupaten Cianjur Jawa Barat yang berlokasi di Jl. Raya Sukabumi No. KM. 6. Ciwalen. Kec. Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa barat. Penelitian ini bermaksud untuk (1) Mengetahui kegiatan keagamaan di Pondok Pesantren Al-Mu’in. (2) Mengetahui Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Kegiatan Keagamaan di Pondok Pesantren Al-Mu’in Kabupaten. Skripsi ini membahas tentang studi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Kegiatan Keagamaan di Pondok Pesantren Al-Mu’in Cianjur Jawa Barat. Dalam Sumber daya manusia merupakan kualitas yang sangat mendasar dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi terutama pada era globalisasi dewasa, dapat dikatakan dengan adanya sumber daya manusia yang berkompeten akan menentukan keberhasilan dari organisasi tersebut. dalam Kegiatan keagamaan di pondok pesantren Al-Mu’in bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman juga pengalaman tentang ajaran ajaran agama Islam, sehingga menjadi manusia yang beriman bertakwa kepada Allah SWT serta memiliki akhlak yang mulia dan juga beradab. Mengenai kegiatan keagamaan di pondok pesantren Al-Mu’in sudah pasti banyak sekali jenis kegiatan keagamaan, diantaranya: shalat dhuha dan tahajjud, pengajian kitab kuning, pembelajaran Bahasa arab dan Inggris, penghafalan Al-Qur’an, hadits dan kitab kuning, acara evaluasi dakwah dan perayaan hari-hari Besar Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan oleh peneliti adalah data primer dan data sekunder, yang kemudin dianalisis menggunakan model analisis kualitatif model Miles dan Huberman, yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kegiatan keagamaan di Pondok Pesantren Al-Mu’in sangat menunjang kualitas santri menjadi lebih baik dalam hal agama dan sudah menerapkan dengan maksimal karena di dukung kurikulum-kurikulum yang memumpuni dan metode-metode yang tepat serta kegiatan keseharian yang menunjang kinerja santri dalam belajar agama. (2) Manajemen sumber daya manusia dalam kegiatan keagamaan di Pondok Pesantren Al-Mu’in menerapkan beberapa pelatihan yang diikuti para pengajar, pengasuh dan santri guna mendukung pembelajaran bagi para masyarakat pondok pesantren, berupa mengisi materi ceramah di masyarakat secara sukalera, mengajar santri-santri yang lebih junior dan sistem organisasi yang terstruktur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Kegiatan keagamaan; Sumber Daya Manusia; Pondok Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 05 Oct 2022 08:53
Last Modified: 05 Oct 2022 08:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17087

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics