Upaya meningkatkan prestasi belajar aspek kognitif pada pembelajaran IPA materi penggunaan dan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dengan metode Expository Learning kelas II MI Clapar kecamatan Subah kabupaten Batang
Rafiatun, Rafiatun (2013) Upaya meningkatkan prestasi belajar aspek kognitif pada pembelajaran IPA materi penggunaan dan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dengan metode Expository Learning kelas II MI Clapar kecamatan Subah kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
113911175_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (833kB) | Preview
113911175_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (98kB) | Preview
113911175_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (183kB) | Preview
113911175_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (61kB) | Preview
113911175_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
113911175_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (15kB) | Preview
113911175_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (16kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi kenyataan yang ada di sekolah-sekolah termasuk di kelas II MI Clapar Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti, mata pelajaran IPA bukanlah mata pelajaran yang menyenangkan melainkan membosankan yang hanya di lakukan dengan ceramah dan resitasi. Metode expository learning merupakan salah satu bentuk metode yang dapat diberikan kepada siswa dalam pembelajaran IPA karena metode pembelajaran ini menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pembelajaran secara optimal.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: sejauhmana penerapan metode expository learning dapat meningkatkan prestasi belajar Aspek Kognitif pada mata pelajaran IPA materi pokok materi pengaruh cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari di kelas II MI Clapar Kecamatan Subah Kabupaten Batang?
Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan metode expository learning dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPA materi pokok materi peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari di kelas II MI Clapar Kecamatan Subah Kabupaten Batang, hal terlihat dari hasil belajar pra siklus ada 11 siswa atau 48%, siklus I ada 15 siswa atau 65% kemudian pada siklus II yaitu ada 20 siswa atau 87%, kenaikan juga terjadi pada keaktifan belajarsiswa pada siklus I tingkat keaktifan pada kategori aktif sekali dan aktif ada 14 siswa atau 61% dan di siklus II sudah mencapai 21 siswa atau 91%. Hasil ini telah mencapai indikator yang ditentukan yaitu 85% ke atas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; IPA; Expository Learning; Prestasi belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 21 Mar 2014 08:03 |
Last Modified: | 21 Mar 2014 08:03 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1709 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year