Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMP IT Al-Ma’ruf Mranggen Demak

Khoirullah, Ahmad (2022) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMP IT Al-Ma’ruf Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503036046_Ahmad_Khoirullah] Text (Skripsi_1503036046_Ahmad_Khoirullah)
Skripsi_1503036046_Ahmad_Khoirullah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan peneliti mengenai peran yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru terutama di bidang pedagogik. Studi ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMP IT Al Ma’ruf Candisari Mranggen Demak.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan uji triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran kepala sekolah di SMP IT Al Ma’ruf Candisari Mranggen Demak yaitu (a) Sebagai pendidik, (b) Manajer, (c) Administrator, (d) Supervisor, (e) Leader, (f) Inovator, dan (g) Motivator. (2) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMP IT Al Ma’ruf Candisari Mranggen Demak yaitu dengan cara mengikutsertakan guru dalam berbagai kegaiatan meliputi: (a) Diklat MGMP, (b) Kursus kependidikan, dan (3) Acara workshop kependidikan.
Saran: Kepala sekolah lebih memperhatikan peran yang dilakukan dengan berbagai kegiatan tersebut karena dinilai sebagai pendukung utama dalam proses meningkatkan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik; Guru; Kepala sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 05 Oct 2022 08:54
Last Modified: 05 Oct 2022 08:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17090

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics