Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SMA Negeri 1 Kota Sawahlunto Sumatera Barat
Benizora, Benizora (2010) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SMA Negeri 1 Kota Sawahlunto Sumatera Barat. Masters thesis, IAIN Walisongo.
Benizora_Tesis_bab1.pdf - Submitted Version
Download (60kB) | Preview
Benizora_Tesis_bab2.pdf - Submitted Version
Download (165kB) | Preview
Benizora_Tesis_bab5.pdf - Submitted Version
Download (22kB) | Preview
Benizora_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (32kB) | Preview
Abstract
Fungsi manajemen yang paling pokok, adalah perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling) yang dilaksanakan mencapai tujuan. Dengan demikian manajemen diartikan sebagai proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan upaya organisasi dengan segala aspeknya agar tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efisien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kota Sawahlunto. Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah : 1) Sejauhmana pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi tanggung jawab guru di SMA Negeri 1 Kota Sawahlunto 2) Sejauhmana fungsi pengawasan kepala sekolah terhadap pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kota Sawahlunto.
Penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kota Sawahlunto ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tujuan agar ditemukan data-data yang nyata sesuai dengan kondisi yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, teknik angket dan teknik dokumen. Analisis data dilakukan melalui tahapan mengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan terakhir dengan verifikasi atau kesimpulan.
Bentuk pengelolaan terhadap manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Kota Sawahlunto, hendaknya pihak sekolah dalam hal ini segala komponen yang berhubungan dengan proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Kota Sawahlunto diantaranya Kepala Sekolah, Komite Sekolah dan masyarakat sekitarnya bersama para guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memaksimalkan apa yang sudah dilakukan sekarang dan sangat diharapkan sekali bisa ditingkatkan. Agar tujuan pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tercapai yaitu terbentuknya siswa muslim yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia baik dalam kesalehan pribadi maupun sosial, maka guru Pendidikan Agama Islam (PAI) selain harus memiliki kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor sebaiknya melengkapi dengan kompetensi profesional religias serta kompetensi personal religius, dalam hal pembelajaran hendaknya memperbanyak porsi pada aspek afektif. Dalam hal pendekatan dan metode mensiasatinya dengan pendekatan alternatif yaitu ekspresi spontan, sugesti terarah, pertanyaan menyelidik. Sedangkan dalam penilaian hendaknya dilengkapi dengan kisi-kisi secara jelas serta menggunakan penilaian skala likert, disamping observasi dan angket secara tertutup. Sementara itu pemantauan dan juga pengawasan/pembinaan perlu dilakukan kepala sekolah, kepada guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap kegiatan ekstra kurikuler baik sebagai pembina maupun sebagai nara sumber.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Teaching Management |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 14 Nov 2013 06:43 |
Last Modified: | 14 Nov 2013 06:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/171 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year