Pengaruh hasil belajar akidah akhlak terhadap disiplin berpakaian siswa kelas V di MI Nashrul Fajar Semarang tahun pelajaran 2021/2022

Anisah, Tuti (2022) Pengaruh hasil belajar akidah akhlak terhadap disiplin berpakaian siswa kelas V di MI Nashrul Fajar Semarang tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096090_Tuti_Anisah] Text (Skripsi_1603096090_Tuti_Anisah)
Skripsi_1603096090_Tuti_Anisah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar akidah akhlak terhadap disiplin berpakaian siswa kelas V di MI Nashrul Fajar Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif kausal (sebab-akibat) yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh dari variabel independen (bebas) terhadap variabel dependen (terikat). Data dikumpulkan dari data sampel yaitu 34 siswa kelas V A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar akidah akhlak dan metode angket digunakan untuk mengetahui perilaku terpuji siswa kelas V A di MI Nashrul Fajar Semarang.
Uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment, analisi signifikan korelasi melalui uji t dan regresi satu prediktor. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh hasil belajar akidah akhlak terhadap disiplin berpakaian siswa kelas V di MI Nashrul Fajar Semarang tahun pelajaran 2021/2022 diperoleh rxy > rtabel = 0,8152 > 0,339 dengan taraf signifikan 5% = 0,339. Dengan rxy > rtabel (0,05) berarti signifikan. Hal ini juga dibuktikan dari analisi signifikan korelasi melalui uji t diperolah thitung = 7,964, maka thitung = 7,964>ttabel (0,05 = 2,37) yang berarti korelasi antara X dan Y signifikan.
Dari hasil regresi juga menunjukkan hasil yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan persamaan garis regresi Y= 21,443 + 3,846X. Hal ini juga dibuktikan dari analisis regresi satu prediktor yang diperoleh Fhitung > Ftabel = 63,432 > 4,322 dengan pada taraf signifikansi 5% = 4,322. Dengan Fhitung > Ftabel (0,05) berarti signifikan. Sehingga dapat dikatakan bahwa hasil belajar akidah akhlak mempunyai pengaruh positif terhadap disiplin berpakaian siswa kelas V di MI Nashrul Fajar Semarang tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Akidah Akhlak; Disiplin; Berpakaian; Siswa; Madrasah ibtidaiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 05 Oct 2022 09:09
Last Modified: 05 Oct 2022 09:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17102

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics