Pengaruh kualitas pelayanan dan bagi hasil terhadap kepuasan nasabah deposito IB pada PT. BTN Syariah KC Batam

Yunisah, Isti Rofiani (2022) Pengaruh kualitas pelayanan dan bagi hasil terhadap kepuasan nasabah deposito IB pada PT. BTN Syariah KC Batam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036016_Isti_Rofiani_Yunisah] Text (Skripsi_1805036016_Isti_Rofiani_Yunisah)
Skripsi_1805036016_Isti_Rofiani_Yunisah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan nasabah adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang diterima dibandingkan dengan harapannya. Selain dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah terdapat juga permasalahan dalam hal bagi hasil. Bagi hasil merupakan suatu sistem pengolahan dana dalam perekonomian islam yakni pembagian hasil usaha antara pemilik modal dan pengelola. Dengan adanya sistem bagi hasil yang tinggi maka menjadi alternafit sendiri bagi nasabah untuk memilih bank yang akan dijadikan investasi.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Teknik pengambilan sampel ialah stratified Random Sampling. Pada penelitian analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian melalui koefisien determinasi (R2), uji t dan uji f.
Berdasarkan dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan pada hasil uji t untuk variabel kualitas pelayanan (X1) yaitu nilai t hitung sebesar 9,395 sedangkan nilai t tabel 1,973, dapat disimpulkan bahwa t hitung 9,395>1,973 dan nilai signifikansi variabel kualitas layanan adalah 0,000 dimana nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan untuk hasil uji t pada variabel bagi hasil (X2) yaitu nilai t hitung sebesar 7,006 sedangkan nilai t tabel 1,973, dapat disimpulkan bahwa t hitung 7,006>1,973 dan nilai signifikansi variabel bagi hasil adalah 0,000 dimana nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dan berdasarkan pada uji F, nilai F hitung sebesar 55,321 dengan probabilitas 0,000 yang jauh lebih kecil dari 0,05. Artinya secara simultan kualitas pelayanan (X1) dan bagi hasil (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah.

ABSTRACT

Customer satisfaction is the level feeling somebody after compare performance or the result i received compared to with his hope . Apart from the quality of service to customer satisfaction, there are also problems in terms of profit sharing. Profit sharing is a system internal fund processing economy Islam that is distribution results business Among capital owners and managers . With a high profit sharing system, it becomes an alternative for customers to choose a bank to invest in.
This research is a quantitative research with a sampling technique that is Stratified Random Sampling . In research an analysis quantitative includes: validity and reliability test, classical assumption test, regression analysis double, testing through coefficient determination (R2), test t and test f.
Based on the results of the analysis, it can be concluded that the results of the t-test for the service quality variable (X1), namely the t -count value of 9.395 while the t table value is 1.9 73 , it can be concluded that the t count is 9.395>1.9 73 and the significance value of the service quality variable is 0.000 where the significance value is less than 0.05. Thus it can be said that the quality of the service mop positive and significant effect on customer satisfaction . Meanwhile, for the results of the t-test on the profit sharing variable (X2), the t- count value is 7.006 while the t - table value is 1.9-73 , it can be concluded that the t-count is 7.006>1.9 73 and the significance value of the profit sharing variable is 0.0 00 where the significance value is less than 0.05. Thus it can be said that profit sharing has a positive and significant effect on customer satisfaction . And based on the F test, the calculated F value is 55.321 with a probability of 0.000 which is much less than 0.05 . This means that simultaneously service quality (X1) and profit sharing (X2) have a significant effect on customer satisfaction.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan; Bagi Hasil; Kepuasan Nasabah; Deposito; Bank syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 05 Oct 2022 09:17
Last Modified: 05 Oct 2022 09:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17109

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics