Pengaruh pembelajaran daring teknik mind map terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas 3 MI NU 04 Kumpulrejo Kaliwungu Kendal tahun ajaran 2021/2022

Fadhilah, Zila (2021) Pengaruh pembelajaran daring teknik mind map terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas 3 MI NU 04 Kumpulrejo Kaliwungu Kendal tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703096008_Zila_Fadhilah] Text (Skripsi_1703096008_Zila_Fadhilah)
Skripsi_1703096008_Zila_Fadhilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Daring Teknik Mind Map terhadap Motivasi Belajar IPS siswa kelas 3 MI NU 04 Kumpulrejo Kaliwungu Kendal tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen Quasi Experimental Design (eksperimen semu), dengan desain Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III MI NU 04 Kumpulrejo kaliwungu Kendal semester genap tahun ajaran 2021/2022. Kelas III A sebanyak 25 anak sebagai kelas kontrol dan kelas III B sebanyak 25 anak sebagai kelas eksperimen, karena populasi berjumlah 50 maka peneliti menggunakan penelitian populasi.
Hasil dari posttest rata-rata nilai pada kelas eksperimen adalah 76,88 dan rata-rata nilai pada kelas kontrol adalah 66,17. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata diperoleh thitung = 7,066114 dan ttabel =1,67655 dengan taraf signifikan 5% dan dk= 25 = 25 - 1 = 49. Perhitungan ini menunjukkan thitung > ttabel maka hipotesis yang diajukan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran daring Teknik mind map terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas 3 MI NU 04 Kumpulrejo kaliwungu Kendal Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Pembelajaran daring; Mind map; Motivasi belajar; IPS; Madrasah ibtidaiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 05 Oct 2022 09:19
Last Modified: 05 Oct 2022 09:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17110

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics