Pengaruh model discovery learning berbantu media video animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV MI Mu'abbidin Sukorejo Demak tahun ajaran 2021/2022

Susilowati, Wulan Suci (2022) Pengaruh model discovery learning berbantu media video animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV MI Mu'abbidin Sukorejo Demak tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703096096_Wulan_Suci_Susilowati] Text (Skripsi_1703096096_Wulan_Suci_Susilowati)
Skripsi_1703096096_Wulan_Suci_Susilowati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantu media video animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV MI Mu’abbidin Sukorejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only. Subjek penelitian adalah kelas IVA kelas eksperimen dengan 25 siswa dan kelas IVB kelas kontrol dengan 25 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan analisis uji-t, analisis korelasi biserial dan analisis koefisiensi determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model discovery learning berbantu media video animasi lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dengan dengan uji-t dengan thitung = 2,928 dan ttabel = 2,096 maka Ha diterima karena thitung > ttabel. Analisis korelasi biserial diperoleh rhitung = 0,8201 yang menunjukkan tingkat korelasi sangat kuat. Pada analisis korelasi determinasi diketahui sebesar 67,25% model discovery learning berbantu media video animasi mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa. Kesimpulannya yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model discovery learning berbantu media video animasi lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional atau ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Discovery learning; Media pembelajaran; Video animasi; Kemampuan berpikir kreatif; Siswa; Madrasah ibtidaiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 05 Oct 2022 09:38
Last Modified: 05 Oct 2022 09:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17123

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics