Manajemen humas dalam peningkatan animo siswa baru pada MTs NU O5 Sunan Katong di Kaliwungu Kendal

Hidayah, Nurul (2001) Manajemen humas dalam peningkatan animo siswa baru pada MTs NU O5 Sunan Katong di Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603036095_Nurul_Hidayah] Text (Skripsi_1603036095_Nurul_Hidayah)
Skripsi_1603036095_Nurul _Hidayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan manajemen humas dalam peningkatan animo siswa baru pada MTs NU 05 Sunan Katong di Kaliwungu Kendal, (2) pelaksanaan manajemen humas dalam peningkatan animo siswa baru pada MTs NU 05 Sunan Katong di Kaliwungu Kendal, dan (3) evaluasi manajemen humas dalam peningkatan animo siswa baru pada MTs NU 05 Sunan Katong di Kaliwungu Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang fokus pada peningkatan minat peserta didik di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) studi dokumenter. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan.
Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Manajemen Humas dalam Peningkatan Animo Siswa Baru pada MTs NU 05 Sunan Katong di Kaliwungu Kendal diawali dengan menganalisis kondisi masyarakat sekitar terlebih dahulu yang berkaitan dengan kebutuhan, keinginan dan masalah-masalah pendidikan di madrasah dengan wawancara masyarakat sekitar. Berdasarkan penelitian atau pencarian fakta yang telah dilaksanakan sebelumnya, perencanaan humas di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu dilakukan pada awal tahun pelajaran dengan rapat bersama yang melibatkan pemangku kepentingan di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu. (2) Pelaksanaan Manajemen Humas dalam Peningkatan Animo Siswa Baru pada MTs NU 05 Sunan Katong di Kaliwungu Kendal dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Untuk meningkatkan animo siswa baru, MTs NU 05 Sunan Katong melakukan beberapa kegiatan yaitu: a) rapat pleno komite adrasah dan orangtua/wali siswa, b) publikasi kegiatan madrasah (OSIS /PK IPNU-IPPNU, dan lain-lain), c) halal bi halal dan anjangsana ke tokoh dan ulama Kaliwungu, d) home visit, e) partisipasi dalam event PHBN/PHBI, dan hari besar khusus (karnaval, upacara, lomba-lomba, dan lainlain) yang diselenggarakan oleh instansi atasan/mitra madrasah, dan f) sosialisasi Penenerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). (3) Evaluasi Manajemen Humas dalam Peningkatan Animo Siswa Baru pada MTs NU 05 Sunan Katong di Kaliwungu Kendal dilakukan setelah pelaksanaan. Hasil evaluasi menunjukan bahwa manajemen humas untuk menarik minat peserta didik sudah terlaksana dengan ditunjukkannya jumlah peserta didik pada tahun ajaran 2019/2020 sampai 2020/2021 yang mengalami peningkatan. Namun, di samping itu MTs NU 05 Sunan Katong juga mengalami kendala dalam pelaksanaannya, yaitu banyaknya persaingan antar sekolah swasta, dan adanya sistem zonasi. Evaluasi manajemen humas di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu dilakukan dengan mengadakan rapat dengan semua pihak madrasah (interen lembaga), rapat dengan wali murid pada tiap akhir semester, dan melakukan evaluasi di setiap selesai kegiatan kehumasan oleh pihak humas dan lembaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Humas; Minta; Animo; Siswa Baru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 05 Oct 2022 09:56
Last Modified: 05 Oct 2022 09:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17129

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics