Analisis perbandingan kinerja keuangan bank syariah dan bank konvensional dengan menggunakan metode RGEC pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Meldawati, Meldawati (2022) Analisis perbandingan kinerja keuangan bank syariah dan bank konvensional dengan menggunakan metode RGEC pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036031_Meldawati] Text (Skripsi_1805036031_Meldawati)
Skripsi_1805036031_Meldawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja Perbankan Syariah dan Perbankan Konvensional pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif Komparatif. Analisis yang digunakan adalah uji Mann Whitney dan Uji Independent T-test. Sampel penelitian menggunakan 2 Bank Konvensional dan 2 Bank Syariah yang terdaftar di BEI dari tahun 2016-2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan uji Rasio CAR tidak terdapat perbedaan yang signifikan, Rasio NPL/NPF tidak terdapat perbedaan yang signifikan, Rasio ROA tidak terdapat perbedaan yang signifikan, BOPO tidak terdapat perbedaan yang signifikandan Rasio GCG tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Sedangkan hasil uji Rasio LDR menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan.

ABSTRACT:
This study aims to compare the performance of Islamic Banking and Conventional Banking on banking companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). This study uses a comparative quantitative method. The analysis used is the Mann Whitney test and the Independent T-test. The research sample uses 2 Conventional Banks and 2 Islamic Banks listed on the IDX from 2016-2020. Sampling was done by using purposive sampling technique. The results showed that there was no significant difference in the CAR Ratio test, the NPL/NPF ratio did not have a significant difference, the ROA ratio did not have a significant difference, the BOPO ratio did not have a significant difference and the GCG Ratio had no significant difference. While the results of the LDR Ratio test showed that there was a significant difference.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kinerja keuangan; Bank syariah; Bank konvensional; RGEC; CAR; NPL/NPF; ROA; BOPO; LDR/FDR; GCG
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 05 Oct 2022 10:09
Last Modified: 05 Oct 2022 10:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17140

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics