Pengaruh pola pendampingan orang tua terhadap keaktifan belajar siswa kelas V pada pembelajaran daring di MI Walisongo Semarang

Nasekhah, Siti Darun (2022) Pengaruh pola pendampingan orang tua terhadap keaktifan belajar siswa kelas V pada pembelajaran daring di MI Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096074_Siti_Darun_Nasekhah] Text (Skripsi_1803096074_Siti_Darun_Nasekhah)
Skripsi_1803096074_Siti_Darun_Nasekhah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola pendampingan orang tua dan keaktifan belajar dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 siswa-siswi kelas V di MI Walisongo Semarang dan pengaruh pendampingan orang tua terhadap keaktifan belajar siswa kelas V pada pembelajaran daring di MI walisongo Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian survei, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan alat pengumpulan datanya mengunakan kuesioner. Menggunakan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan desain penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di MI Walisongo yang bertempat di jalan Stasiun Jerakah kecamatan Tugu Kabupaten Semarang. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 tanggal 10 Januari sampai 24 Januari 2022.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pola pendampingan yang paling banyak diterapkan dalam proses pembelajaran daring yaitu pola pendampingan orang tua memberikan respon yang baik terhadap pembelajaran yang diberikan dari sekolah. 2) Keaktifan belajar yang paling banyak diterapkan dalam proses pembelajaran daring yang dilakukan siswa kelas V di MI Walisongo Semarang yaitu aktivitas mendengarkan (seperti: mendengarkan penyajian bahan dan mendengarkan percakapan bersama antar siswa maupun guru). 3) pengaruh pendampingan orang tua terhadap keaktifan belajar siswa kelas V pada pembelajaran daring di MI Walisongo Semarang sebesar 0,316 atau 31,6% dan sisanya sebesar 68,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keaktifan belajar; Pola pendampingan; Orang tua; Siswa; Guru; Pembelajaran daring
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 05 Oct 2022 10:12
Last Modified: 05 Oct 2022 10:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17142

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics