Pengaruh akuntabilitas, religiusitas dan transparansi terhadap kepatuhan muzakki PNS dalam membayar zakat profesi di Kabupaten Jepara

Aminah, Vera Nurlauza (2021) Pengaruh akuntabilitas, religiusitas dan transparansi terhadap kepatuhan muzakki PNS dalam membayar zakat profesi di Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1705046040_Vera Nurlauza A_LENGKAP] Text (Skripsi_1705046040_Vera Nurlauza A_LENGKAP)
1705046040_Vera Nurlauza A_LENGKAP TUGAS AKHIR - Savira Fathna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Menurut data Badan Pusat Statistika (BPS) jumlah PNS di Kabupaten Jepara tahun 2020 adalah sebanyak 7.422 pegawai. Begitu besar potensi zakat profesi dari penghasilan PNS apabila semua bisa terkumpul dan tersalurkan. PNS sudah pasti mempunyai gaji yang tetap dibandingkan dengan pekerjaan yang tidak tetap penghasilannya. Kesadaran masyarakat untuk membayar zakat merupakan suatu hal yang sangat sulit untuk ditumbuhkan di tengah perekonomian saat ini. Padahal pengelolaan zakat telah diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah akuntabilitas, religiusitas, dan transparansi berpengaruh terhadap kepatuhan muzakki PNS dalam membayar Zakat Profesi di Kabupaten Jepara.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah Probability Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan PNS di Kabupaten Jepara. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 26 dan yang meliputi analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas), analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis (uji R2, uji t dan uji f).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel religiusitas dan variabel transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan muzakki PNS dalam membayar zakat profesi. Sedangkan variabel akuntabilitas tidak berpengaruh terhadap kepatuhan muzakki PNS dalam membayar zakat profesi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas; Religiusitas; Transparansi; Kepatuhan muzakki; Zakat profesi.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Oct 2022 01:13
Last Modified: 04 Oct 2022 01:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17152

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics