Evaluasi kurikulum program tahfidz di MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati

Sari, Aris Mustika (2022) Evaluasi kurikulum program tahfidz di MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703036011_Aris_Mustika_Sari] Text (Skripsi_1703036011_Aris_Mustika_Sari)
Skripsi_1703036011_Aris_Mustika_Sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang evaluasi kurikulum program taḥfīdẓ di MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati, adapun aspek yang dikaji adalah; (1) model evaluasi kurikulum program taḥfīdẓ yang digunakan, (2) proses evaluasi kurikulum program taḥfīdẓ di MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati, (3) tindak lanjut dari proses evaluasi kurikulum program taḥfīdẓ yang ada
Jenis penelitian ini adalah Kualitatif (Field Research) yang dilakukan langsung di medan terjadinya gejala- gejala objek penelitian yaitu MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati. Adapun pendekatan yang digunakan oleh penulis adalah kualitatif desriptif, dimana hasil penelitiannya adalah deskripsi atau kata – Kata. Peneliti melakukan penelitian dengan cara terjun langsung ke lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah data terkumpul kemudian diolah dan disajikan dalam keadaan yang semestinya tidak mengubahnya kedalam bentuk simbol atau angka.
Berdasarkan hasil penelitian evaluasi kurikulum program taḥfīdẓ di MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati menunjukkan hal sebagai berikut: (1) Model evaluasi kurikulum program taḥfīdẓ menggunakan model CIPP, (2) pelaksanaan evaluasi kurikulum program taḥfīdẓ sudah berjalan secara terstruktur. Dari evaluasi tujuan, tujuan diadakannya program taḥfīdẓ ini sudah baik yaitu mencetak kader-kader hafidz Al-Qur’an yang tidak hanya unggul dalam ilmu tetapi juga unggul dalam laku. Evaluasi input menunjukkan bahwa kualitas guru sudah baik karena semua sudah hafal 30 juz. Kemampuan siswa sudah menunjukkan baik. Akan tetapi sarana prasarana kurang memadai. Evaluasi proses menunjukkan kurang baik karena belum ada panduan taḥfīdẓ dan tidak ada RPP dalam pembelajaran program taḥfīdẓ. Evaluasi produk sudah menunjukkan baik. Hal ini dibuktikan dengan lulusan 85% sudah mencapai target. (3) tindak lanjut dari hasil evaluasi yang dilakukan madrasah sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Kurikulum; Model Evaluasi CIPP; Program tahfidz
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 07 Oct 2022 07:37
Last Modified: 07 Oct 2022 07:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17162

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics