Analisis korelasi kinerja keuangan dan kinerja pelayanan terhadap tingkat kemandirian di Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Semarang

Rahmawati, Adibatur (2022) Analisis korelasi kinerja keuangan dan kinerja pelayanan terhadap tingkat kemandirian di Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705046051_Adibatur_Rahmawati] Text (Skripsi_1705046051_Adibatur_Rahmawati)
Skripsi_1705046051_Adibatur_Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (871kB)

Abstract

Salah satu implementasi cita-cita luhur bangsa Indonesia pada Pancasila sila ke-empat yaitu dengan memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat. Proses birokrasi yang panjang serta kurangnya fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan menyebabkan sektor publik dinilai kurang maksimal dalam memberikan pelayanan jika dibandingkan dengan sektor swasta. Badan Layanan Umum (BLU) merupakan konsep baru yaitu dengan mewiraswastakan instansi milik pemerintah. Oleh karena itu Rumah sakit umum yang dikelola pemerintah diselenggarakan atas dasar pengelolaan BLU.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi kinerja keuangan dan kinerja pelayanan terhadap tingkat kemandirian Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Semarang. Pengukuran kinerja keuangan didasarkan pada Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor Per-36/PB/2016 tentang Pedoman Penilaian Kinerja BLU Bidang Layanan Kesehatan dan pengukuran kinerja pelayanan berdasarkan Standar Pelayanan Jasa Kesehatan Nasional Departemen Kesehatan RI tahun 2005. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis pearson correlation. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja keuangan dengan indikator imbalan atas aset tetap serta kinerja pelayanan dengan indikator AvLOS berkorelasi kuat dan signifikan terhadap tingkat kemandirian, sehingga kinerja keuangan dan kinerja pelayanan berkorelasi terhadap tingkat kemandirian Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kinerja keuangan; Kinerja pelayanan; Tingkat kemandirian; Badan layanan umum
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:08
Last Modified: 07 Oct 2022 08:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17166

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics