Implementasi keluarga sakinah bagi pelaku single parent : studi di Kelurahan Bringin Ngaliyan Kota Semarang

Febriani, Indah (2021) Implementasi keluarga sakinah bagi pelaku single parent : studi di Kelurahan Bringin Ngaliyan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702016073_Indah_Febriani] Text (Skripsi_1702016073_Indah_Febriani)
Skripsi_1702016073_Indah_Febriani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kedamaian, ketenangan dan kebahagiaan didalam rumah tangga adalah harapan setiap orang, banyak orang beranggapan bahwa keluarga sakinah hanya dapat diwujudkan oleh mereka yang memiliki keluarga yang utuh. Akan tetapi ketika dalam keluarga salah satu orang tua pergi atau meninggal dunia, single parent harus siap dengan beban dan tanggung jawab yang seharusnya ditanggung 2 orang menjadi satu orang saja,.
Naluriah manusia yang ingin menjalani hidup dengan bahagia, tentram, dan sejahtera pasti mendorong para pelaku single parent untuk berupaya semaksimal mungkin dalam mewujudkan keluarga yang sempurna, melalui pemenuhan beberapa faktor penunjang terciptanya keluarga tersebut. Dari Segi ekonomi, pola asuh, dan lain sebagainya yang idealnya ditempuh oleh 2 orang atau sepasang suami istri.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologis data utamanya adalah hasil dari wawancara dengan pelaku single parent di Kelurahan Bringin yang kemudian dianalisa menggunakan metode deskriptif.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa seorang yang berstatus single parent mampu mewujudkan keluarga sakinah dengan upaya saling mengerti, menjalin komunikasi yang terbuka, meluangkan waktu dan bekerja keras, makna dari keluarga sakinah sendiri adalah tentram, keluarga yang saling mengerti, saling menyayangi, keluarga yang berkecukupan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keluarga sakinah; Single parent
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:33
Last Modified: 07 Oct 2022 08:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17174

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics