Manajemen pembiayaan bantuan operasional sekolah (BOS) dalam menunjang proses pembelajaran di MI Bansari

Indrawati, Afifah (2022) Manajemen pembiayaan bantuan operasional sekolah (BOS) dalam menunjang proses pembelajaran di MI Bansari. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703036040_Afifah_Indrawati] Text (Skripsi_1703036040_Afifah_Indrawati)
Skripsi_1703036040_Afifah_Indrawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan suatu madrasah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memberikan segala sesuatu yang dapat menunjang proses pembelajaran secara efektif dan efisien. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari manajemen pembiayaan yang baik. Salah satu sumber pembiayaan di madrasah yaitu dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan manajemen pembiayaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam menunjang proses pembelajaran di MI Bansari.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan manajemen pembiayaan BOS dalam menunjang proses pembelajaran di MI Bansari dengan mengadakan rapat untuk menyusun Rencana Kerja Anggaran Madrasah (RKAM) yang mencakup komponen Standar Nasional Pendidikan salah satunya komponen Standar Proses Pembelajaran sesuai dengan petunjuk teknis BOS yang berlaku 2) Pelaksanaan manajemen pembiayaan BOS dalam menunjang proses pembelajaran di MI Bansari berjalan dengan baik. Pelaksanaan kegiatan sudah sesuai dengan juknis BOS 3) Evaluasi manajemen pembiayaan BOS di MI Bansari dilaksanakan dengan baik oleh kepala madrasah. Kegiatan yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembiayaan; Bantuan Operasional Sekolah (BOS); Proses pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:43
Last Modified: 07 Oct 2022 08:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17180

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics