Problematika penerapan metode Assyifa dalam pembelajaran membaca Al-Quran di TPQ Miftahul Huda Balapulang Kulon, Tegal

Permatasari, Okfiana (2022) Problematika penerapan metode Assyifa dalam pembelajaran membaca Al-Quran di TPQ Miftahul Huda Balapulang Kulon, Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016070_Okfiana_Permatasari] Text (Skripsi_1703016070_Okfiana_Permatasari)
Skripsi_1703016070_Okfiana_Permatasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai problematika guru dalam menerapkan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Assyifa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagai umat muslim kita diperintahkan untuk membaca, mempelajari, serta mengajarkan tentang Al-Qur’an. Untuk itu diperlukan sebuah pembelajaran tersendiri untuk mempelajari Al-Qur’an. Dalam sebuah pembelajaran terdapat metode pembelajaran yang digunakan untuk mengatur pelaksanaan proses pembelajaran guna tercapainya suatu pembelajaran. Setiap metode pembelajaran Al-Qur’an memiliki sistem pengajaran yang berbeda-beda dalam proses pembelajarannya. Dan setiap melaksanakan proses pembelajaran terdapat masalah atau kendala yang dimiliki oleh setiap guru, termasuk dengan menggunakan metode Assyifa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru-guru kelas dan ketua IGTPQ. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika guru dalam metode Assyifa di TPQ Miftahul Huda Balapulang Kulon Tegal, bahwa problem yang pertama, jumlah santri yang terlalu banyak yang mengakibatkan guru kesulitan dalam mengkondisikan kelas. Kedua, otang tua yang ikut masuk ke kelas. Ketiga, belum ada pedoman yang jelas yang mengakibatkan guru kesulitan dalam hal penilaian dan pembuatan RPP. Keempat, kompetensi ustadzah yaitu tidak adanya aturan kriteria guru untuk mengajar. Kelima, sarana dan prasarana

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problematika; Metode pembelajaran; Membaca Al-Qur’an; Assyifa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 10 Oct 2022 09:28
Last Modified: 10 Oct 2022 09:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17211

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics