Pengaruh fraud diamond dan religiusitas terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi : studi empiris pada satuan kerja perangkat daerah Kabupaten Magelang

Mahgfiroh, Nur Laeli (2021) Pengaruh fraud diamond dan religiusitas terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi : studi empiris pada satuan kerja perangkat daerah Kabupaten Magelang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1705046097_Nur Laeli Maghfiroh_Lengkap] Text (Skripsi_1705046097_Nur Laeli Maghfiroh_Lengkap)
1705046097_Nur Laeli Maghfiroh_Full Skripsi - Yoan Septia Wulandari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kecurangan adalah kesalahan yang sengaja dilakukan oleh individu maupun kelompok dengan cara merugikan orang lain atau organisasi demi memperoleh keuntungan pribadi. Adanya kecurangan pada instansi pemerintahan mengakibatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan publik menurun. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis persepsi para pegawai di instansi pemerintahan mengenai pengaruh antara unsur-unsur fraud diamond (tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan) dan religiusitas terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi.
Penelitian ini menggunakan populasi dan sampel sebanyak 76 responden pada pegawai instansi pemerintahan Kabupaten Magelang, dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang disebar dalam bentuk kuesioner, serta metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesempatan dan rasionalisasi berpengaruh positif terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi, dan tekanan dan kemampuan tidak berpengaruh terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi, dan religiusitas berpengaruh negatif terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Rasionalisasi; Kemampuan religiusitas; Kecurangan akuntansi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Oct 2022 06:22
Last Modified: 05 Oct 2022 06:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17238

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics