Implementasi kurikulum berbasis tauhid di SD Islam Integral Al-Hakim Kendal

Rosyadi, Munir (2022) Implementasi kurikulum berbasis tauhid di SD Islam Integral Al-Hakim Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603016124_Munir_Rosyadi] Text (Skripsi_1603016124_Munir_Rosyadi)
Skripsi_1603016124_Munir_Rosyadi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Implementasi Kurikulum Berbasis Tauhid di SD Islam Integral Luqman Al-Hakim Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi untuk menggali informasi tentang implementasi Kurikulum berbasis Tauhid di SD islam Integral Luqman Al-Hakim Kendal. Wawancara dilakukan untuk menggali informasi dari berbagai narasumber yaitu, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru. Dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data berupa foto proses wawancara, profil sekolah, deskripsi sekolah, dan juga kegiatan sekolah.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa konsep kurikulum yang digunakan SD Islam Integral Luqman Al-Hakim kendal adalah kurikulum berbasis tauhid yaitu kurikulum yang memadukan antara kurikulum dinas dan kurikulum berbasis tauhid. Pengelolaan sistem ini melibatkan seluruh komponen pendidikan dan juga menggabungkan nilai-nilai karakter dalam materi pembelajaran yang dilaksanakan. Perencanaan kurikulum yang dilaksanakan melalui rapat yang diadakan guna mempersiapkan program satu tahun kedepan. Pelaksanaan kurikulum ini menggunakan sistem pembelajaran full day school dengan memasukkan nilai ketauhidan melalui kegiatan keagamaan. Evaluasi kurikulum berbasis tauhid dilaksanakan dengan melalui rapat sekolah yang melibatkan seluruh komponen di SD II Luqman Al-Hakim Kendal yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Tauhid; SDIT
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:18
Last Modified: 11 Oct 2022 08:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17239

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics