Analisis strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan pengumpulan zakat pada UPZ masjid : studi kasus pada UPZ Masjid Raya Baiturrahman Semarang

Chasanah, Uswatun (2022) Analisis strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan pengumpulan zakat pada UPZ masjid : studi kasus pada UPZ Masjid Raya Baiturrahman Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605026161_Uswatun_Chasanah] Text (Skripsi_1605026161_Uswatun_Chasanah)
Skripsi_1605026161_Uswatun_Chasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Menurut PP No 14 Tahun 2014, BAZNAS sebagai lembaga resmi pengelola dana zakat infaq dan sedekah yang di resmikan oleh presiden dapat membentuk UPZ (Unit Pengumpul Zakat) berdasarkan tingkatannya. Masjid bisa menjadi pengelola zakat dengan membentuk unit pengumpul zakat yang diresmikan oleh BAZNAS. UPZ Masjid raya dibentuk oleh baznas provinsi Jawa Tengah untuk membantu meningkatkan pengumpulan di lingkungan masjid raya baiturrahman. UPZ Baiturrahman dalam pengumpulan zakat, menerapkan berbagai strategi agar dana sosial keagamaan yang dihimpun tetap stabil dan mengalami peningkatan. UPZ Baiturrahman dalam pemanfaatan digital online, adalah salah satu yang penghimpunannya sudah bergabung dengan aplikasi yang menyediakan pembayaran QRIS, jadi masyarakat tidak perlu ke kantor untuk membayar zakat. Namun dengan pemanfaatan dengan kemudahan layanan tersebut, ternyata pemasarannya dengan media sosial tidak seimbang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam mengumpulkan data dengan cara observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) UPZ Baiturrahman sudah sesuai dengan konsep pengelolaan lembaga zakat yaitu adanya pengumpulan dan pendistribusian. (2) strategi yang dilakukan UPZ Baiturrahman dapat meningkatkan pendapatan pengumpulan khususnya strategi layanan bersedekah dengan QRIS (3) penerapan teori pemasaran bauran pada UPZ Baiturrahman belum optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bauran pemasaran; Pengumpulan Zakat; Strategi pemasaran; UPZ
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 10 Oct 2022 10:26
Last Modified: 10 Oct 2022 10:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17240

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics