Tinjauan hukum pidana Islam tentang pembunuhan berencana secara bersama-sama : analisis putusan Pengadilan Negeri Semarang No. 465/Pid.B/2019/PN Smg

Bakhtiar, Yusuf (2022) Tinjauan hukum pidana Islam tentang pembunuhan berencana secara bersama-sama : analisis putusan Pengadilan Negeri Semarang No. 465/Pid.B/2019/PN Smg. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502026014_Yusuf_Bakhtiar] Text (Skripsi_1502026014_Yusuf_Bakhtiar)
Skripsi_1502026014_Yusuf_Bakhtiar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pada hukum pidana Islam, pembunuhan (al-qatl) termasuk salah satu tindak pidana menghilangkan nyawa seseorang dan termasuk dosa besar. Jumhur ulama fikih membagi tindak pidana pembunuhan menjadi tiga macam yang salah satunya adalah pembunuhan sengaja, yaitu suatu pembunuhan yang disengaja, dibarengi dengan rasa permusuhan. Meskipun diharamkan dalam hukum pidana Islam dan termasuk dalam dosa besar, kasus pembunuhan selalu ada pada tiap tahunnya di Indonesia yang mayoritas berpenduduk Islam. Sebagai contoh pada tahun 2019 silam, pernah terjadi kasus pembunuhan di Kota Semarang yang melibatkan dua mahasiwa terhadap seorang temannya. Kasus ini telah diusut usai dalam surat putusan nomor 465/Pid.B/2019/PN Smg dan 466/Pid.B/2019/PN Smg dengan terdakwa pembunuhan yaitu Yeheskiel Lede Bani (25) dan Ishak Bani (23) dengan korban bernama Dominikus Liberius Awi (23).
Penelitian ini berfokus pada surat putusan nomor 465/Pid.B/2019/PN Smg di mana surat putusan tersebut berisi putusan hukuman untuk Ishak Bani. Penulis menggunakan tinjauan hukum pidana Islam untuk melihat pandangan hukum Islam terhadap kasus pembunuhan ini dan sanksi apa yang diterapkan pada pelaku menurut hukum pidana Islam.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian doktrinal dengan pendekatan yang pertama melalui perundang-undangan ( Statue Approach ) dan pendekatan yang kedua melalui pendekatan kasus ( The Case Approach ). Penelitian dilaksanakan di Pengadilan Negeri Semarang. Sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa wawancara dan data sekunder meliputi bahan-bahan hukum (primer,sekunder,tersier). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif untuk aspek-aspek normatif melalui metode yang bersifat deskriptif analisis.
Hasil penelitian ini yaitu bahwa berdasarkan hukum pidana Islam, kasus pembunuhan yang melibatkan Ishak Bani termasuk dalam pembunuhan sengaja. Dalam syariat Islam hukuman yang dijatuhkan terhadap setiap orang yang menghilangkan nyawa orang lain akan dijatuhi hukuman yang sama menurut apa sudah ia lakukan yaitu hukuman kisas atau hukuman diat sebagai hukuman pengganti. Dan terhalangnya mendapatkan warisan bila ia seorang ahli waris sebagai hukuman tambahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum pidana Islam; Tindak pidana; Pembunuhan sengaja; Pembunuhan bersama-sama; Kisas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
300 Social sciences > 360 Social services; association > 364 Criminology
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 12 Oct 2022 10:19
Last Modified: 12 Oct 2022 10:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17253

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics