Analisis segmentation, targeting dan positioning dalam menentukan strategi pemasaran : studi kasus pada usaha mikro kecil dan menengah Sarung Tenun Goyor ATBM di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang

Latifah, Rizki Nurul (2021) Analisis segmentation, targeting dan positioning dalam menentukan strategi pemasaran : studi kasus pada usaha mikro kecil dan menengah Sarung Tenun Goyor ATBM di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026016_Rizki_Nurul_Latifah] Text (Skripsi_1705026016_Rizki_Nurul_Latifah)
Skripsi_1705026016_Rizki_Nurul_Latifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan contoh pertumbuhan yang sedang berkembang di negara Indonesia, memberikan kontribusi besar bagi pembangunan negara. Dalam sektor UMKM perlu adanya strategi pemasaran untuk menjalankan usahanya. Strategi pemasaran merupakan rancangan yang teratur di bidang pemasaran untuk mendapatkan suatu hasil yang terbaik. Strategi pemasaran merupakan hal yang penting karena sebaik apapun segmetig, targeting dan positioning yang dilakukan tidak akan berhasil dengan lancar tanpa strategi yang tepat. Tujuan strategi yang lain yaitu dapat melawan, menjatuhkan atau bertemu dengan kompetitor yang ada atau yang akan masuk
Di Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sampai saat ini masih menggunakan Teknik tenun tradisional yang masih menggunakan ATBM atau bisa disebut alat tenun bukan mesin. Biarpun di era modern seperti saat ini telah berkembang alat tenun mesin atau sering disebut ATM. Akan tetapi di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang masih kosisten memakai alat tenun ATBM dengan pertimbangan aktivitas menenun memakai alat tenun ATBM ini merupakan peninggalan dari nenek moyang mereka dan merupakan salah satu unsur kebudayaan yang perlu dilestarikan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini dianalisis segmentation, targeting dan positioning pada usaha ini kemudian dilanjutkan menggunakan analisis SWOT guna merumuskan strategi pemasaran pada UMKM Sarung Tenun Goyor ATBM di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang yaitu berasal dari analisis SWOT dengan skor kekuatan 2,20 ; kelemahan 1,57 ; peluang 1,64 ; dan ancaman 1,82. Berdasarkan hasil tersebut dilihat pada diagram kuadran analisis SWOT bahwa posisi usaha pada titik kuadran I. Sehingga dapat dikatakan bahwa UMKM Sarung Tenun Goyor ATBM di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang sudah berada pada jalan yang benar dengan terus menjalankan strategi agresif untuk memajukan penjualan serta menambah pasarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Segmentation; Targeting; Positioning; Strategi pemasaran; UMKM; ATBM
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 12 Oct 2022 10:26
Last Modified: 12 Oct 2022 10:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17261

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics