Ta’līm al-lugah al-`Arabiyyah bi istikhdāmi kitāb “Bahasa Arab Qur’ani” li Bambang Syaifudin wa Muhammad Ali (dirāsah taḥlīliyyah min nāḥiyatai al-māddah wa ṭarīqah)
Muizah, Khonis (2013) Ta’līm al-lugah al-`Arabiyyah bi istikhdāmi kitāb “Bahasa Arab Qur’ani” li Bambang Syaifudin wa Muhammad Ali (dirāsah taḥlīliyyah min nāḥiyatai al-māddah wa ṭarīqah). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083211065_Skripsi_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (1MB) | Preview
083211065_Skripsi_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
083211065_Skripsi_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (4MB) | Preview
083211065_Skripsi_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (915kB) | Preview
083211065_Skripsi_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
083211065_Skripsi_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (350kB) | Preview
083211065_Skripsi_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (424kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang analisis buku ajar di sekolah yaitu buku “Bahasa Arab Qur’ani”. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pemahaman ayat-ayat al-Qur’an dan Hadits nabi yang merupakan sumber hukum islam yang berbahasa arab. Pentingnya penggunaan buku sebagai salah satu media pembelajaran bahasa arab yang berisi tentang mata pelajaran, metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, dan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Buku bahasa arab qur’ani merupakan buku yang digunakan oleh murid dalam memahami Al-qur’an dan Hadits.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan:
1. Materi apa yang di sajikan oleh Bambang Saifudin dan Muhammad Ali dalam buku bahasa arab qur’ani?
2. Metode apa yang digunakan dalam pembelajaran buku bahasa arab qur’ani oleh Bambang Saifudin dan Muhammad Ali di SMP Al-azhar?
3. Apakah materi yang terdapat dalam buku bahasa arab qur’ani oleh Bambang Saifudin dan Muhammad Ali sudah sesuai dengan kurikulum SMP Al-azhar?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui materi dan metode yang digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan kitab bahasa arab qur’ani. Dan untuk menjawab 3 masalah yang dipaparkan diatas, peneliti menggunakan metode kepustakaan dan metode wawancara, lalu peneliti menganalisis data yang peneliti dapatkan dengan metode analisis isi.
Adapun hasil penelitian adalah:
1. Bahwa materi pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan kitab bahasa arab qur’ani yaitu: isim ma’rifat dan isim nakiroh, isim mudzakar dan mu’annats, isim mudzakar (mufrod, mutsanna, jama’), isim mu’annats (mufrod, mutsanna, jama’), isim isyaroh, shifat dan maushuf, isim tafdhil, ‘adad dan ma’dud, dan huruf jer.
2. Adapun metode yang digunakan dalam buku bahasa arab qur’ani adalah metode qawaid wa tarjamah, metode membaca dan metode qiyasiyah.
3. Didalam buku bahasa arab qur’ani materi yang disajikan sesuai dengan kurikulum SMP al-Azhar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 25 Mar 2014 03:58 |
Last Modified: | 25 Mar 2014 03:58 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1727 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year