Analisis implementasi sistem mampaduoi ternak sapi dalam meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok tani P3A Suka Maju Desa Pekonina

Septiana, Vira (2022) Analisis implementasi sistem mampaduoi ternak sapi dalam meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok tani P3A Suka Maju Desa Pekonina. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805026002_ Vira_Septiana] Text (Skripsi_1805026002_ Vira_Septiana)
Skripsi_1805026002_ Vira_Septiana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan peternakan saat ini cenderung diperuntukkan untuk mencukupi kebutuhan daging dan sektor penunjang dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Seperti Kelompok Tani P3A Suka Maju Desa Pekonina yang menerapkan sistem kerjasama mampaduoi pada ternak sapi mereka. Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu “Bagaimana implementasi sistem mampaduoi ternak sapi di Kelompok Tani P3A Suka Maju Desa Pekonina dan dampaknya dalam meningkatkan kesejahteraan anggota?” maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi sistem mampaduoi ternak sapi di Kelompok Tani P3A Suka Maju, Desa Pekonina dan dampaknya dalam meningkatan kesejahteraan anggota.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu primer dan sekunder yang didapat dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa implementasi sistem mampaduoi ternak sapi pada kelompok tani P3A Suka Maju Desa Pekonina sudah sesuai dengan sistem ekonomi Islam dan berdampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan anggota, seperti meningkatnya pendapatan, meningkatnya saving dan terpenuhinya kebutuhan pupuk organik. Namun terdapat kekurangan yaitu tidak terpenuhinya prinsip keadilan dalam bagi hasil yang dijalankan serta tidak adanya manajemen keuangan yang terstruktur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peternakan sapi; Mampaduoi; Kesejahteraan; Kelompok tani
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:46
Last Modified: 13 Oct 2022 08:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17272

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics