Tinjauan hukum Islam terhadap klausul pemberian hak tanggung pada perjanjian pembiayaan musyarakah : analisis APHT di Kantor Notaris-PPAT Ika Alfa Emalia SH.Mkn Kendal

Khoirotunnisa, Siti (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap klausul pemberian hak tanggung pada perjanjian pembiayaan musyarakah : analisis APHT di Kantor Notaris-PPAT Ika Alfa Emalia SH.Mkn Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036024_Siti_Khoirotunnisa] Text (Skripsi_1502036024_Siti_Khoirotunnisa)
Skripsi_1502036024_Siti_Khoirotunnisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Akta Pemberian Hak Tanggungan (APHT) pada kantor Notaris/PPAT Ika Afla Emalia, SH.Mkn berdasarkan akad pembiayaan musyarakah ini terdapat klausul mengenai syarat-syarat atau aturan-aturan serta janji-janji yang dimana ketentuan tersebut membuat adanya kesengkctaan antara klausul dalam APHT dengan yang ada pada akad pembiayaan musyarakah dalam Fatwa DSN No. 105/DSN-MUI/X/2016 tentang Penjaminan Pengembalian Modal Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, dan Wakalah bi al-Istimar dalam ketentuan khusus menetapkan:
1) Pengelola tidak wajib mengembalikan modal usaha secara penuh pada saat terjadi kerugian, kecuali kerugian karena ta'addi (melakukan sesuatu yang tidak boleh dilakukan), tafrith (tidak melakukan sesuatu yang semestinya dilakukan) atau mukhalafat al- syuruth (melanggar ketentuan-ketentuan yang tidak bertentangan dengan syariah yang disepakati pihak yang berakad).
2) Pemilik modal tidak boleh meminta pengelola untuk menjamin pengembalian modal.
3) Pengelola boleh menjamin pengembalian modal atas kehendaknya sendiri tanpa permintaan dari pemilik modal.
Penelitian ini digolongkan penelitian hukum yang bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala yang ada yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan, dengan memfokuskan studi kasus dan fakta yang terjadi di lapangan yaitu dalam klausul Pemberian Hak Tanggungan pada Pembiayaan Musyarakah analisis Akta pada Kantor Notaris-PPAT Ika Afa Emalia SH.Mkn Kendal. Penelitian hukum di maksud untuk menemukan isu hokum yang dihadapi. Penelitian hukum ini berguna untuk menghasilkan argument serta konsep baru sesuai dengan skripsi dalam menyelesaikan suatu masalah yang sedang dihadapi. Berdasarkan analisis yang dikumpulkan penulis maka kesimpulannya adalah seharusnya dalam pelaksanaanya harus memperhatikan mengenai alas an adanya cidera janji pada nasabah yang melakukan perjanjian karena beda sebab berbeda pula penyelesaiannya. adanya kecacatan ketentuan Pembiayaan Musyarakah tersebut menjadi fasakh (rusak). Walaupun demikian tidak membatalkan akad musyarakah pada Akta pemberian Hak Tanggungan Notaris-PPAT Ika Afla Emalia SH. Mkn sebab rukun dan pelaksanaannyatelah terpenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: APHT; Pembiayaan; Musyarakah; Fatwa DSN MUI; Hukum ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 14 Oct 2022 09:25
Last Modified: 14 Oct 2022 09:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17289

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics