Peran Bimbingan Keagamaan Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak Usia Dini di TK Pelita Bangsa Kecamatan Ngaliyan Semarang
Widyawati, Ika Dian (2013) Peran Bimbingan Keagamaan Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak Usia Dini di TK Pelita Bangsa Kecamatan Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
081111024_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (377kB) | Preview
081111024_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (92kB) | Preview
081111024_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (145kB) | Preview
081111024_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (122kB) | Preview
081111024_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (51kB) | Preview
081111024_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (20kB) | Preview
081111024_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (24kB) | Preview
081111024_Lampiran.pdf - Accepted Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Peran orang tua dalam membimbing anak sangat besar manfaatnya untuk membentuk akhlak anak, terutama ketika anak memasuki pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) atau masih usia dini, karena di usia dini inilah seorang anak sangat memerlukan bimbingan dari orang tua, dan di usia dini seorang anak akan berperilaku tergantung dari lingkungan sekitar yang membentuknya. Sedangkan pada fakta yang sebenarnya yang penulis dapatkan di lapangan masih banyak persoalan dimana masih ada beberapa orang tua yang kurang memperhatikan perkembangan perilaku anak dan kurangnya perhatian serta peran orang tua dalam membentuk akhlak anak, padahal pembentukan akhlak anak usia dini sangatlah penting sebelum anak beranjak dewasa. Masih ada beberapa orang tua yang beranggapan bahwa untuk anak yang terpenting ialah sudah diberikan materi serta sudah ada lembaga sekolah, sedangkan persoalan membentuk akhlak dari orang tua sendiri kurang diperhatikan.
Hasil penelitian adalah peran orang tua dalam membentuk anak usia dini sangat penting, karena pada saat usia ini anak belajar berperilaku sesuai dengan apa yang didapat dari orang tuanya dan lingkungan. Orang tua juga merupakan pembimbing yang paling utama meskipun ada lembaga sekolah yang mengajarkan ilmu dan akhlak tetapi masih memiliki keterbatasan waktu dan ruang. Metode yang digunakan dalam membentuk akhlak adalah dengan metode suri tauladan yakni memberikan contoh langsung dalam berperilaku baik kepada siapapun, selanjutnya metode nasihat dimana orang tua memberikan nasihat-nasihat yang baik dan bermanfaat, dan metode pembiasaan yakni seorang anak dilatih untuk membiasakan berbuat baik dan menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akhlak Anak Usia Dini |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 18 Nov 2013 03:48 |
Last Modified: | 18 Nov 2013 03:48 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/173 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year