Pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, sosialisasi perpajakan dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di masa pandemi covid-19 : studi kasus di Samsat Kabupaten Kendal

Firdayani, Mella Puji (2021) Pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, sosialisasi perpajakan dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di masa pandemi covid-19 : studi kasus di Samsat Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1805046046_Mella Puji Firdayani_Lengkap] Text (Skripsi_1805046046_Mella Puji Firdayani_Lengkap)
1805046046_Skripsi Mella Puji Firdayani_Lengkap Tugas Akhir - Mella Puji Firdayani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Meskipun jumlah wajib pajak dari tahun ke tahun semakin bertambah namun terdapat kendala yang dapat menghambat upaya peningkatan tax ratio, kendala tersebut adalah kepatuhan wajib pajak (tax compliance). Penelitian ini mengkaji tingkat kepatuhan WP kendaraan bermotor di kabupaten kendal dengan menggunakan beberapa variabel bebas yaitu kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, sosialisasi perpajakan dan sanksi pajak. Variabel ini dipilih karena cenderung lebih sesuai dengan kepatuhan WP dibandingkan variabel-variabel lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, sosialisasi perpajakan dan sanksi pajak terhadap kepatuhan WP kendaraan bermotor dimasa pandemic covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah para wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar pada kanor samsat kabupaten kendal. Berdasarkan data dari kantor samsat, jumlah wajib pajak tercatat sebanyak 378.116. Tidak semua WP menjadi obyek dalam penelitian ini karena jumlahnya sangat besar dan guna efisiensi waktu dan biaya. Oleh sebab itu dilakukan pengambilan sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling dan menggunakan rumus slovin sehingga jumlah sampel ditemukan sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah dengan metode angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa variabel kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor Bersama Samsat Kabupaten Kendal. Untuk variabel sosialisasi perpajakan dan sanksi perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor Bersama Samsat Kabupaten Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: WPOP; Kepatuhan; Wajib Pajak; Kualitas Pelayanan; Sosialisasi perpajakan; Sanksi pajak
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:48
Last Modified: 10 Oct 2022 08:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17340

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics