Kajian metaanalisis model pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap peningkatan hasil belajar kognitif materi virus kelas X

Nurazizah, Fiki (2022) Kajian metaanalisis model pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap peningkatan hasil belajar kognitif materi virus kelas X. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503086034_Fiki_Nurazizah] Text (Skripsi_1503086034_Fiki_Nurazizah)
Skripsi_1503086034_Fiki_Nurazizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (23MB)

Abstract

Hasil belajar peserta didik merupakan tolak ukur tercapainya tujuan pembelajaran. Hasil observasi di MBI Amanatul Ummah, MA Darul Amanah, dan MA Nuril Huda, serta hasil penelitian Mailizar (2018), Suprehatin (2016), dan Gultom (2019), menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik materi pada materi Virus masih tergolong rendah. Hasil tersebut menunjukan perlunya solusi untuk meningkatkan hasil belajar materi virus. Pemerintah berupaya menaikkan mutu pendidikan dengan memberlakukan kurikulum 2013 yang menekankan pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah/saintifik (scientific approach) untuk semua jenjang pendidikan. Penelitian tentang penggunaan model pembelajaran saintifik telah banyak dilakukan, namun belum dilakukan penelitian dengan perhitungan effect size model pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang dilakukan, sehingga diperlukan analisis model pembelajaran yang paling berpengaruh positif terhadap hasil belajar materi Virus. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian metaanalisis. Penelitian dilakukan pada Mei-Juni 2022. Artikel ilmiah yang dianalisis berjumlah 20 artikel ilmiah dari berbagai sumber publikasi ilmiah. Hasil analisis menunjukan bahwa model pembelajaran Problem based learning terbukti memiliki effect size paling besar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Virus dengan effect size sebesar 2,09.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif; Meta-analisis; Virus; Model Pembelajaran; Pendekatan saintifik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 501 Philosophy and theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:07
Last Modified: 17 Oct 2022 02:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17353

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics