Pengembangan mobile learning audio visual berbasis QR-code pada materi plantae sebagai alternatif media pembelajaran virtual

Hidayat, Yudha Adhityan Arif (2022) Pengembangan mobile learning audio visual berbasis QR-code pada materi plantae sebagai alternatif media pembelajaran virtual. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503086049_Yudha_Adhityan_Arif_Hidayat] Text (Skripsi_1503086049_Yudha_Adhityan_Arif_Hidayat)
Skripsi_1503086049_Yudha_Adhityan_Arif_Hidayat.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran dan fungsi untuk mecapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile learning, mengetahui kualitas produk, serta mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap aplikasi mobile learning Audio Visual berbasis Qr-Code pada materi Plantae yang diberi nama “Qreaceae”. Produk media ini dapat dijadikan alternatif media pembelajaran bagi peserta didik disaat kondisi tertentu agar peserta didik tidak merasa bosan dan tertarik untuk belajar. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dan Semmel (1974) yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Data didapatkan dengan melakukan observasi, wawancara tidak terstruktur dan angket. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas X IPA dengan jumlah 21 peserta didik SMA Unggulan Nurul Islami Semarang. Pengembangan media pembelajaran “Qreaceae” terdiri dari sebuah aplikasi yang diinstal pada perangkat mobile serta berupa kartu Qr-Code. Hasil validasi media mobile Learning yang dikembangkan yaitu desain media berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 76,19% , sedangkan pada ahli media yaitu sebesar 75,50% dengan kategori layak. Pada penilaian respon guru yaitu sebesar 78,97% dengan kriteria layak , sedangkan respon dari peserta didik yaitu 83,41% dengan kriteria “sangat layak” dan jika diambil akumulasi guru dan peserta didik yaitu 81,19%. Sehingga dapat disimpulkan aplikasi Mobile Learning “Qreaceae” dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang layak bagi peserta didik serta guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Mobile learning; Pembelajaran virtual; Plantae; Qr-Code; Quick response; Android; Araceae; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:09
Last Modified: 17 Oct 2022 02:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17354

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics