Efektivitas model CTL (Contextual Teaching and Learning) berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi SPLDV kelas VIII

Maulana, Muhamad Irfan (2022) Efektivitas model CTL (Contextual Teaching and Learning) berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi SPLDV kelas VIII. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503056001_Muhamad_Irfan_Maulana] Text (Skripsi_1503056001_Muhamad_Irfan_Maulana)
Skripsi_1503056001_Muhamad_Irfan_Maulana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbasis Etnomatematika efektif terhadap kemampuan berpikir kritis materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV).Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah randomized posttest-only control design. Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas (Model CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbasis Etnomatematika) dan variabel terikat (kemampuan berpikir kritis). Populasi terdiri atas seluruh kelas VIII berjumlah 6 kelas di SMP Manbaul Hikmah Kaliwungu. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol, yang sebelumnya nilai ulangan hariannya sudah di uji pada uji tahap awal. Kemudian Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi.
Dari hasil posttest diperoleh hasil rata-rata nilai akhir kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen adalah 69,01 lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis kelas kontrol yaitu 42,74. Sehingga dari uji perbedaan rata-rata (independent t-test) diperoleh t-hitung = 9,086 dan t-tabel= 2,003 pada taraf signifikansi 0.05. Karena t-hitung > t-tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil rata-rata skor posttest kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen yang menggunakan model CTL (Contextual Teaching and Learning) berbasis etnomatematika lebih baik dari rata-rata skor posttest kemampuan berpikir kritis kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Jadi dengan demikian, dalam penelitian ini dapat dikatakan bahwa model CTL (Contextual Teaching and Learning) berbasis etnomatematika efektif terhadap kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis; Model pembelajaran; CTL (Contextual Teaching and Learning); Etnomatematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 24 Oct 2022 05:56
Last Modified: 24 Oct 2022 05:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17377

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics