Analisis kendala pembelajaran daring saat pandemi covid-19 peserta didik kelas X MIPA pada mata pelajaran matematika di SMA Negeri 1 Kendal

Mustakim, Ahmad (2022) Analisis kendala pembelajaran daring saat pandemi covid-19 peserta didik kelas X MIPA pada mata pelajaran matematika di SMA Negeri 1 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608056001_Ahmad_Mustakim] Text (Skripsi_1608056001_Ahmad_Mustakim)
Skripsi_1608056001_Ahmad_Mustakim.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran tatap muka dihentikan dan adanya tuntutan Kemendikbud untuk mengganti pembelajaran secara daring menyebabkan semua aspek pendukung pembelajaran perlu melakukan adaptasi dalam pelaksanaannya. Hal ini menimbulkan berbagai kendala yang dialami guru dan peserta didik. Peneliti menggunakan aspek permasalahan yaitu kesiapan sekolah, guru dan peserta didik, biaya, infrastruktur dan materi ajar. Tujuannya untuk memberikan informasi kendala pembelajaran daring saat pandemi Covid-19 peserta didik kelas X MIPA pada pelajaran matematika. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengambilan subjek penelitian purposive dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan pedoman wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah peserta didik telah mempersiapkan aspek pendukung pembelajaran daring dengan baik. Akan tetapi, masih terdapat kendala selama pembelajaran daring berlangsung, yaitu: a) penggunaan platform microsoft 365 kurang maksimal, b) model pembelajaran berkelompok masih pasif, c) pernah tidak mendapatkan bantuan kuota, d) terkadang smartphone error, arus listrik mati dan koneksi internet kurang lancar, e) ada yang memplagiasi jawaban di internet, f) kurangnya interaksi sosial (merasa bosan, mengantuk & tidak paham materi). Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa adanya persiapan yang baik, namun masih terdapat kendala selama pembelajaran daring berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kendala; pembelajaran daring; Pandemi covid-19; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:11
Last Modified: 24 Oct 2022 06:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17388

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics