Analisis pengelolaan laboratorium fisika SMA/MA di Kabupaten Pekalongan

Nisrinah, Markha (2022) Analisis pengelolaan laboratorium fisika SMA/MA di Kabupaten Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503066002_Markha_Nisrinah] Text (Skripsi_1503066002_Markha_Nisrinah)
Skripsi_1503066002_Markha_Nisrinah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Laboratorium termasuk sarana penting yang harus dimiliki oleh sekolah untuk mempermudah tercapainya tujuan pembelajaran. Laboratorium merupakan sarana penunjang pembelajaran fisika, Pengelolaan laboratorium yang baik dibutuhkan untuk memaksimalkan fungsi laboratorium. Oleh karena itu penelitian ini bertuhuan untuk mengetahui pengelolaan laboratorium fisika SMA/MA di kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif dan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pengelolaan laboratorium fisika memiliki kriteria baik dengan persentae 71,64%. Pengorganisasian pengelolaan laboratorium fisika memiliki kriteria kurang baik dengan persentae 53,34%. Pelaksanaan pengelolaan laboratorium fisika dikategorikan cukup baik dengan persentae 69,05%. Pengawasan dan evaluasi laboratorium fisika dikategorikan kurang baik dengan persentae 53,12%. Pengelolaan laboratorium fisika SMA/MA di Kabupaten Pekalongan masih memiliki kendala antara lain kurangnya tenaga laboratorium fisika yang fokus pada bidangnya. Sehingga pengelolaan laboratorium fisika SMA/MA di kabupaten Pekalongan memiliki kriteria cukup baik namun masih perlu diperhatikan dan diperbaiki. Pengelolaan laboratorium yang baik dan maksimal akan membuat kegiatan laboratorium berjalan dengan nyaman dan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Laboratorium; Laboratorium Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.6 Gedung dan bangunan sekolah, fasilitas fisik pendidikan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:11
Last Modified: 26 Oct 2022 10:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17389

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics