Pengembangan instrumen soal HOTS bercirikan local wisdom materi elastisitas berbantu aplikasi Quizizz

Taroyani, Laily Khusni (2022) Pengembangan instrumen soal HOTS bercirikan local wisdom materi elastisitas berbantu aplikasi Quizizz. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503066009_Laily_Khusni_Taroyani] Text (Skripsi_1503066009_Laily_Khusni_Taroyani)
Skripsi_1503066009_Laily_Khusni_Taroyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan instrumen soal HOTS bercirikan local wisdom materi elastisitas berbantu aplikasi Quizizz. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil validasi ahli, menguji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda instrumen soal HOTS bercirikan local wisdom materi elastisitas berbantu aplikasi Quizizz dan mengetahui respons siswa terhadap penggunaan instrumen soal HOTS bercirikan local wisdom materi elastisitas berbantu aplikasi Quizizz. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model Brog & Gall dengan 4 tahapan. Penelitian dilakukan sampai tahap uji produk skala kecil. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA NU 03 Muallimin. Metode pengambilan data berupa tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen soal HOTS bercirikan local wisdom materi elastisitas memanfaatkan aplikasi Quizizz diaplikasikan dalam bentuk soal teks dan gambar. Instrumen ini mendapat kategori layak diuji cobakan dengan revisi nilai rata-rata 67,5 oleh ahli. Analisis validitas diperoleh soal valid dengan jumlah 24 butir soal dari 36 soal. Reliabilitas 0,61 dengan tingkat kesuaran sembilan soal dalam kategori mudah, delapan belas soal kategori sedang, dan sembilan soal dengan kategori sukar dan daya pembeda 12 soal diterima, 7 soal diterima tapi perlu diperbaiki, 9 soal diperbaiki, dan 8 soal dibuang. Hasil angket respons menunjukkan siswa sangat menarik dengan penggunaan instrumen dengan skor rata-rata 88,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: HOTS; Local wisdom; Elastisitas; Aplikasi Quizizz
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:19
Last Modified: 26 Oct 2022 10:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17395

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics