Uji akurasi total station dalam penentuan arah kiblat

Mubarokah, Nisful Laili (2021) Uji akurasi total station dalam penentuan arah kiblat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602046036_Nisful_Laili_Mubarokah] Text (Skripsi_1602046036_Nisful_Laili_Mubarokah)
Skripsi_1602046036_Nisful_Laili_Mubarokah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Total station dikenal sebagai alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran jarak dan sudut dalam ilmu pemetaan dan geodesi. Sistem kerja dengan memanfaatkan sudut horizontal dan sudut vertikal, dapat digunakan dalam melakukan penggukuran arah kiblat. Total station merupakan adaptasi dari theodolite yang digabungkan dengan EDM (Elektronic Distance Measurement) atau pengukur jarak, mempunyai spesifikasi yang lebih dalam pengoperasiannya. Fitur-fitur yang ada mampu mengurangi adanya kesalahan dalam pengoperasian, salah satu fitur yang ada yaitu mode tilt on dan laser. Dengan penambahan fungsi- fungsi pada alat akan sangat membantu dalam melakukan observasi.
Jenis dari penelitian ini adalah penelitian eksperimentasi dengan penelitian lapangan (field research). Sumber data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer, yaitu sumber data yang diperoleh selama melakukan observasi lapangan dengan di bantu theodolite. Sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari beberapa referensi sumber buku utama, diantaranya surveying instrument and technology, advance surveying total station, gis and remote sensing, ilmu falak 1 serta ilmu falak praktis.
Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu: Pertama, konsep pengoperasian pada total station sedikit berbeda dengan theodolite. Pembacaan alat saat leveling dan centering dapat di baca melalui layar display. Tidak sama halnya dengan theodolite saat melakukan centering dan levelling berpatokan pada perkiraan pengukuran peneliti. Kedua, berdasarkan kategori akurat yang di sampaikan oleh Slamet Hambali, setelah dilakukan pengukuran terhadapa kedua alat, terdapat selisih antara 0° 06' 36,66" sampai 0° 10' 6,66" yang masih termasuk dalam kategori akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Total Station; Arah Kiblat; Uji akurasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 522 Techniques, equipment, materials
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:24
Last Modified: 24 Oct 2022 06:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17399

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics