Peran guru PAI dalam membiasakan salat berjamaah bagi Siswa SMA N 1 Sukorejo

Muhammad, Athourrohman (2022) Peran guru PAI dalam membiasakan salat berjamaah bagi Siswa SMA N 1 Sukorejo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016076_Muhammad_Athourrohman] Text (Skripsi_1703016076_Muhammad_Athourrohman)
Skripsi_1703016076_Muhammad_Athourrohman.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja peran guru PAI dalam membiasakan salat berjamaah bagi siswa SMA N 1 Sukorejo serta apa saja faktor pendukung dan faktor penghambatnya, dan solusi apa saja yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi faktor penghambat tersebut.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseacrh) dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dalam mengumpulkan datanya dilakukan secara langsung dari lapangan. Ada 3 metode yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode obeservasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam membiasakan salat berjamaah bagi siswa SMA N 1 Sukorejo adalah : sebagai motivator yang memberikan dorongan agar siswa terbiasa melaksanakan salat berjamaah, sebagai teladan (contoh) nyata bagi siswa dalam membiasakan salat berjamaah, sebagai mentor (penasehat) yang berperan menasehati, membimbing dan mengarahkan siswa untuk membiasakan salat berjamaah. Adapun faktor pendukungnya adalah : fasilitas ibadah yang memadahi, lingkungan sekitar yang mendukung, dan adanya kerjasama yang baik dengan guru yang lain. Sedangkan faktor penghambatnya adalah : lingkungan keluarga dan kurangnya pengawasan orang tua serta kurangnya kesadaran siswa akan pentingya salat berjamaah. Adapun solusi yang dilakukan oleh guru PAI mengatasi faktor penghambatnya adalah : menyadarkan siswa akan pentingnya melaksanakan salat berjamaah, mengawasi, membimbing dan memperketat absensi salat berjamaah, dan mengajak orang tua siswa bekerjasama agar lebih memperhatikan anaknya dalam membiasakan salat berjamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Pendidikan agama Islam (PAI); Pembiasaan; Salat Berjamaah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 24 Oct 2022 07:28
Last Modified: 24 Oct 2022 07:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17409

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics