Pengembangan lembar kerja pembuatan grafik gerak lurus berbantuan simulasi scratch untuk siswa SMA/MA

Rohani, Ima (2022) Pengembangan lembar kerja pembuatan grafik gerak lurus berbantuan simulasi scratch untuk siswa SMA/MA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503066025_Ima_Rohani] Text (Skripsi_1503066025_Ima_Rohani)
Skripsi_1503066025_Ima_Rohani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kurang tersedianya sumber belajar yang menggunakan teknologi dan minimnya siswa dalam pembuatan grafik, sehingga diperlukan sumber belajar dengan teknologi yang mampu merangsang kemampuan siswa dalam pembuatan grafik. Maka LKS pembelajaran fisika berbantuan simulasi Scratch dapat mengatasi masalah yang ada. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan, menguji kelayakan, dan mengetahui respon siswa terhadap LKS pembelajaran fisika berbantuan simulasi Scratch. Penelitian ini dikembangkan menggunakan model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validasi untuk ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan angket respon siswa. Hasil penilaian dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa yang berupa data kuantitatif dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilian ideal untuk menentukan kualitas produk, dan untuk menganalisis data dari siswa digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang didapat yaitu produk dengan konten pengenalan Scratch, Instalasi Scratch, fitur dan komponen Scratch, materi glb dan glbb, evaluasi dan project. Hasil pengembangan menurut ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa adalah sangat baik (SB) dengan persentase keidealan masing-masing 88,19%, 90%, dan 89,06%. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa siswa memberikan respon setuju terhadap LKS dengan persentase keidealan sebesar 90,21%. LKS dapat diterima siswa dan digunakan sebagai sumber media pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: LKS; Pembelajaran Fisika; Lembar kerja; Pembuatan grafik; Gerak lurus; Simulasi scratch
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 24 Oct 2022 07:31
Last Modified: 26 Oct 2022 10:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17411

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics