Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari self confidence

K, Syarofatul Catur Mumpuni (2022) Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari self confidence. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608056019_Syarofatul_Catur_Mumpuni_K] Text (Skripsi_1608056019_Syarofatul_Catur_Mumpuni_K)
Skripsi_1608056019_Syarofatul_Catur_Mumpuni_K.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII dalam materi relasi dan fungsi ditinjau dari self confidence. Penelitian ini merupakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari angket, tes dan wawancara. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 19 peserta didik untuk mengumpulkan data angket dan tes. Kemudian diambil 6 peserta didik untuk wawancara, yaitu 2 dari tingkat self confidence tinggi, 2 dari tingkat self confidence sedang dan 2 dari tingkat self confidence rendah. Metode analisis data melalui 3 tahap, yaitu reduksi data (reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification).
Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dengan self confidence tinggi telah memenuhi kelancaran (Fluency), Kefasihan (Flexibility) dan kebaruan (Originality). Kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dengan self confidence sedang menunjukkan bahwa indikator kemampuan berpikir kreatif matematis Kelancaran (Fluency) dan Kebaruan (Originality) telah terpenuhi, namun indikator Kefasihan (Flexibility) belum terpenuhi. Kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dengan self confidence rendah menunjukkan bahwa mereka tidak mampu memenuhi kelancaran (Fluency), Kefasihan (Flexibility) dan kebaruan (Originality).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kreatif; Matematis; Self confidence; Relasi; Fungsi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:35
Last Modified: 25 Oct 2022 01:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17434

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics