Efektivitas model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran blended learning mata pelajaran matematika materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Sunan Muria Gunungwungkal Pati

Sa'adah, Ummi (2022) Efektivitas model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran blended learning mata pelajaran matematika materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Sunan Muria Gunungwungkal Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608056071_Ummi_Saadah_Lengkap] Text (Skripsi_1608056071_Ummi_Saadah_Lengkap)
Skripsi_1608056071_Ummi_Saadah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan peserta didik di MTs. Sunan Muria Gunungwungkal yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran blended learning mata pelajaran matematika khususnya materi relasi dan fungsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 8 MTs. Sunan Muria Gunungwungkal. Dengan menggunakan teknik sampling jenuh, diperoleh kelas VIIIA sebagai kelas control dan VIIIB sebagai kelas eksperimen. Data hasil penelitian dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik diperoleh sebesar t-hitung= 4,8391 dengan taraf signifikansi 5% dengan t-tabel=1,675 pada maka dapat dinyatakan t-hitung>t-tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat dikatakan bahwa dengan bantuan model pembelajaran inquiry efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik selama pembelajaran blended learning materi relasi dan fungsi. Hal ini karena model pembelajaran inquiry mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan kapasitas dan gaya belajar mereka sendiri, sehingga seluruh aspek pengembangan dalam diri peserta didik juga turut meningkat, baik aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran inquiry; Pemecahan masalah; Blended learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:57
Last Modified: 25 Oct 2022 01:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17436

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics