Efektivitas pembelajaran blended learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Al-Islam Turen

Lestari, Dwi Kunti (2022) Efektivitas pembelajaran blended learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Al-Islam Turen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056041_Dwi_Kunti_Lestari_Lengkap] Text (Skripsi_1708056041_Dwi_Kunti_Lestari_Lengkap)
Skripsi_1708056041_Dwi_Kunti_Lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena timbulnya masalah yang terjadi di MTs Al-Islam Turen yaitu kesulitan siswa dalam memahami materi relasi dan fungsi serta kurangnya pendampingan guru dalam pembelajaran E-learning sehingga berkurangnya kemampuan pemahaman konsep pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Al-Islam Turen. Manfaat dari penelitian ini untuk menjadi solusi dari masalah yang ada di MTs Al-Islam Turen.
Jenis penelitian ini adalah true experimental dengan desain posttest only control design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan tes yang berupa tes posttest. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan dua rata-rata dan uji effect size. Data yang digunakan untuk teknik analisis data berasal dari nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil analisis data diperoleh t-hitung=3,29 dan t-tabel=1,69 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga diketahui bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut, disimpulkan bahwa pembelajaran Blended Learning efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Al-Islam Turen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Blended learning; Pemahaman konsep; Relasi; Fungsi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:18
Last Modified: 25 Oct 2022 02:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17443

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics