Pengaruh kemampuan penalaran dan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP Negeri 16 Semarang

Jailani, M. Ainul Hurri (2022) Pengaruh kemampuan penalaran dan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP Negeri 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056062_M_Ainul_Hurri_Jailani] Text (Skripsi_1708056062_M_Ainul_Hurri_Jailani)
Skripsi_1708056062_M_Ainul_Hurri_Jailani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji teori objektif yang menyatakan bahwa Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dipicu oleh kemampuan-kemampuan yang lebih spesifik seperti Kemampuan Penalaran, Berpikir Kritis, pemecahan masalah, dll. Desain penelitian ini adalah desain korelasional dengan model prediction. Pada penelitian ini, peneliti tertarik untuk membuktikan secara empiris ada-tidaknya pengaruh Kemampuan Penalaran dan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi di SMPN 16 Semarang. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier ganda dengan dua prediktor untuk menentukan persamaan garis regresi dan korelasi ganda untuk menentukan koefisien determinasi. Selain itu, dilakukan pula uji F dan uji t untuk menguji pengaruh secara simultan dan parsial. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh secara simultan dari Kemampuan Penalaran dan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dengan besar pengaruh yang dinyatakan oleh koefisien determinasi sebesar 20,3%. Sementara secara parsial terdapat dua hasil yang berbeda, yaitu: terdapat pengaruh secara signifikan dari Kemampuan Penaralan terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, namun tidak terlihat adanya pengaruh secara signifikan dari Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Persamaan garis regresi yang diperoleh dinyatakan oleh persamaan berikut: HOTS = 22.695+0.480P+0.340CT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan penalaran; Kemampuan berpikir kritis; Kemampuan berpikir tingkat tinggi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:24
Last Modified: 25 Oct 2022 02:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17446

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics